Rabu, 01 Juni 2016

Arca Nandi di Pertigaan Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo Temanggung

Arca Nandi di Pertigaan Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo Temanggung
           Rabu 1 Juni 2016,  masih dari blusukan Temanggung. Dan tetap bersama lek Suryo, Setelah Dari situs Bagusan dan Situs Gumuk Candi, Situs Paladan, Kami melanjutkan menuju Candi Pringapus Temanggung (bagi saya pribadi bukan menjadi tujuan utama, karena sekitar tahun 2011 sudah main ke Candi Pringapus Temanggung, tapi lek Suryo ingin mengulang karena foto hasil blusukan nya blur semua).
     Menuju Candi Pringapus, Kami keluar melewati jalan besar Jalan raja Ngadirejo Arah Kendal. 
Arca nandi Kataan, Ngadirejo Temanggung
   Singkat cerita, saya surprise sekali, lek suryo ta pernah bilang jalan kami melewati arca Nandi ini. Bonus spesial bagi saya. Arca Nandi yang tanpa kepala arca oleh warga di letakkan di tengah pertigaan Dusun Nglarug Desa Kataan. "Seperti monumen untuk memuliakan leluhur".
      Menurut informasi yang saya dapat dari warga, Arca nandi ini awalnya bukan dilokasi yang sekarang namun beberapa meter di dekat rumah warga, beberapa kali dipindah lokasi, beberapakali di warnai dengan cat (masih terlihat samar2 catnya). Namun menurut bapak tersebut, saat dipindah ke lokasi yang lain warga desa banyak yang congkrah...berbagai masalah sosial juga sering terjadi. Akhirnya di lokasi yang sekarang, kondisi masyarakat ayem tentrem. Ada kepercayan lain pula, jika warga ingin menyelenggarakan acara desa (sedekah bumi, wayangan, pengajian ataupun keramaian yang lain. harus Sakdegsaknyeg, jika dengan perencanaan malah akan gagal. Diluar logika memang, namun itulah kenyataanya.
     Nandi  atau Nandiswara adalah lembu (sapi) yang menjadi Wahana (kendaraan) dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Dia juga merupakan juru kunci Siwa dan Parvati. Arca Nandi identik dengan keberadaan Bangunan Suci Agaman Hindu Siwa (Candi), Sering berdekatan dengan Yoni-Lingga juga Arca Dewa Siwa.
Arca Nandi di Pertigaan Desa Kataan, Kecamatan Ngadirejo Temanggung
    Untuk Arca Nandi Desa Kataan ini, saya tak dapat informasi dimanakah "yang lain...."
   Juga Masih Nungguu cerita dari "Blusukan Temanggung Area" : mas Viriya Candra

     Masih Blusukan Temanggung Area Bersama Suryo Idein
Suryo di Nandi Desa Kataan,Ngadirejo temanggung
Save This Not Only a stone
Mari Kunjungi dan Lestarikan 
sdrmk di Nandi Kataan Temanggung
Salam Pecinta Situs dan Watu candi?
Adakah yang Tahu kepala arcanya dimana Nasibnya? Tersimpan, dihancurkan atau dicuri mafia?
      Penelusuran ini merupakan rangkaian penelusuran Temanggung area, Sebelumnya berturut-turut situs Bagusan, Situs Gumuk Candi, Situs Paladan, kemudian Mampir di Arca Nandi dekat Kantor Desa Kataan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, Mengunjungi kempali Candi Pringapus dan terakhir di Petirtaan di Sendang Endhong Sewu Pringapus Temanggung, dan ketika Pulang Berhenti sejenak di ganesha pinggir jalan Sidukun. (Link segera terhubung setelah naskah 100%).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar