Kamis, 03 Mei 2018

Situs Lingga-Yoni Makam Karanggedong, Ngadirejo Temanggung

Situs Lingga-Yoni Makam Karanggedong, Ngadirejo Temanggung
      Kamis, 3 Mei 2018, tujuan ketiga, sebenarnya dihati saya 1 saja sudah cukup, eeehhh dibonusi 1 situs lagi sudah beruntung. Bagaimana tidak? Diboncengke, sampai Temanggung, diantar (tanpa rahasia), lebih dari satu pula. hahkan akan 3 situs. Terpaksa katanya, durasi sudah menunggu Lek Suryo. Saya tak kan sedikitpun protes… wkwkwkwk. 
     Saya pernah mengalami yang dia rasakan bahkan lebih mengerikan… tapi memang kalah kejam dari rekan saya…. Yang bertampang garang diluar, hobinya trabas… sesekali blusukan… sampai dirumah…wakakakka….sssttt.--- end jangan di detailkan (no name…. saya ga enak menyebutnya…. Hanya memang rekan ini di tempat usahanya keset adalah benda istimewa---intemezzo saja!). 
       Kembali ke penelusuran spesial Kemisan ini, setelah dari Situs Karanggedong, Ngadirejo Temanggung, kami kemudian mengarah kembali ke Jalan Raya… Sebelumnya saat masuk gang tadi saya sempet mengarahkan pandangan pada sebuah makam. 
      Dan ternyata jika orang sudah diatas level gila = pecinta, ada misteri (atau hanya sugesti saya saja mungkin) kenapa kadang saya sangat tertarik dengan satu lokasi yang ternyata di lokasi tersebut ada situs… semacam ada tarikan yang tak saya sadari (saya bukan pemilik indera lebih), sayangnya, tarikan tersebut lebih banyak tidak saya lanjutkan dengan penelusuran.. dan itu seringnya yang bikin penyesalan. Karena mengulang blusukan ke satu daerah belum tentu bisa segera terwujud. Untungnya kali ini langsung. 
      Saat keluar dari situs yang kedua, (sepertinya tak kejedot genteng lagi---seperti kejadian di Candi Selogriyo , namun nampaknya berpengaruh). Tiba-tiba Lek Suryo teringat, ada Yoni di makam dekat sini. Spontan saya langsung tunjuk arah dimana makam tadi, karena saat lewat = seperti cerita saya sebelumnya. 
      Setelah parkir, kami kemudian langsung merekam video amatir : (nunggu edit dan proses upload di channel youtube). 
Situs Lingga-Yoni Makam Karanggedong, Ngadirejo Temanggung
      Yoni dan lingga berada dibawah 2 pohon besar yang sepertinya berumur sangat tua, mungkin lebih dari 500tahun. Satu jenis Beringin putih, namun yang berdaun lebar kurang tahu jenisnya, mungkin pohon Belu. 
     
      Yoni berada dalam kondisi jungkir balik, dengan keadaan tidak 100% utuh lagi, selain rompal Yoni digerogoti lumut dan jamur di hampir semua bagian. 
      Kenapa dibalik, saya pribadi tak menemukan jawaban. Karena tentusaja bisa dengan mudahnya warga bisa membalik seperti seharusnya bagaimana Yoni Berdiri. Mungkin saja karena ada Lubang dimana Lingga berada, ketika dibalik, tergenang air dan terkesan kotor oleh genangan air yang banyak jentiknya. Takut Aedes Aegepty mungkin… hehehe. 
     Ohh ya, konon Lingga pasangan Yoni ini tak jauh. Terpendam sebagian dengan kondisi yang lebih parah.. Tak terawat sama sekali, simbol khas lingga sudah kabur tertutup tanah yang berasal dari pelapukan karena lumut. Bagian bawah Lingga segi delapan dan 4 juga terpendam di tanah makam tak terlihat. 
Situs Lingga-Yoni Makam Karanggedong, Ngadirejo Temanggung
       Keberadaan struktur di masjid Wali Limbung, Di belakang rumah warga dan Yoni di makam ini. Dalam satu area yang dekat. Kemudian nama Desa (maaf saya menggunakan ilmu cocoklogi versi saya pribadi) Kaligedong, jika saya mengartikan adalah Sungai ada sebuah bangunan…. Orang jaman dulu menyebut Gedong adalah sebuah bangunan yang mewah dan bukan terbuat dari kayu seperti kebanyakan rumah masa itu. Dan itu berarti? Ya sesuatu banget menurut saya! 
       Untuk fungsi Yoni – Lingga tak perlu detail lebih lanjut, secara singkat ini adalah peninggalan masa Hindu Klasik. 
     Kami kemudian melanjutkan perjalanan. Waktu masih cukup, satu lagi di area ini, keluar gang, menyebrangi jalan lagi, masuk gang di sebelah sana.. Akan ada situs lagi. Sayangnya beberapa kali keluar masuk gang tak ketemu situs yang dimaksud. 

Ya sudah… cerita ini saya akhiri dulu. 


The Surprise, Lek Suryo Wibowo,
Situs Lingga-Yoni Makam Karanggedong, Ngadirejo Temanggung
       Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
Situs Lingga-Yoni Makam Karanggedong, Ngadirejo Temanggung
#hobikublusukan

       Link Yang terhubung setelah jadi naskahnya... : (Destinasi Blusukan Kemisan Lintas Batas 3 Mei 2018)
4. Lingga Patok di Makam Desa Pringapus, Ngadirejo. Temanggung
5. Situs Ngadisari

1 komentar:

  1. Bermain permainan Judi Taruhan Sabung Ayam tapi tak dibayar?

    Tenang, Agen BOLAVITA menyediakan permainan Sabung Ayam Aman dan Terlengkap yang berapapun kemenangan Anda pasti akan langsung di bayar!!

    Bolavita.vip merupakan Agen Resmi Taruhan Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia. Percayakan taruhan Anda hanya pada Agen Profesional dan Resmi yaitu Taruhan Online BOLAVITA.

    Promo yang diberikan Agen BOLAVITA:
    ♣ Bonus New Member 10%
    ♣ Bonus Deposit Setiap Hari 5%
    ♣ Bonus Cashback 5 - 10%
    ♣ Bonus Referral 7 + 2%
    ♣ Bonus Flash Deposit 10%
    dan masih banyak bonus menarik lainnya !!!

    Segera daftar, main dan raih bonus nya sekarang juga!!!

    Baca juga:
    1. Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA
    2. BONUS BIG MATCH 20%

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus