Kamis, 23 November 2017

Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali

Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
          Kamis, 23 November 2017. Masih blusukan lintas kota, urutan keempat setelah Yoni Recosari, Lapik Recosari kemudian Candi Musuk dan sekarang menuju Situs Candi Kragilan. Setelah melewati alun-alun Mojosongo (saat kesini baru tahap dibangun), Lek Sur yang pernah kelokasi ini ternyata lupa. 
       Dari alun –alun kami ambil arah ke kiri gang pertama ambil kiri lagi, namun karena Lek Suryo tak bisa mengingat = kebingungan (entah apa nginjak oyot mimang ya?), akhirnya kami ke warung makan di punggir jalan, untuk menanyakan arah menuju situs Candi Kragilan.
Kampung air Kragilan Boyolali
      “Dari warung ini nanti 500m ambil kiri, melewati wisata kampong air, jalan nanjak kemudian ada makam. Ada jalan setepak di sebelah kanan. Ikuti jalan setapak tersebut kira-kira 200m. 
     Situs ada di gumuk itu. Sekitar tahun 2014 lalu pernah ramai, saat ditemukan pertama kali. Katanya dulu akan ditata kembali jadi candi, tapi saya kurang tahu kok malah tidak jadi”, jelas pemilik warung sambil mengambilkan pesanan nasi rames pesanan saya. 
Dusun Watu Genuk Boyolali
       Agak tenang hati kami karena mendapatkan kepastian lokasi, “Jeh nom kok lalinan”, seloroh saya kepada lek Sur sambil menyantap lahap makanan didepan kami, terus terang kami memang sangat kelaparan. 

     Beberapa waktu kemudian, setelah usai, kami segera menuju arah yang dimaksud sesuai petunjuk. Melewati Kampung air, jalan menanjak kemudian lewat dusun Watu genuk. Tak jauh di batas dusun ada sebuah makam. 
Makam Dusun Watu Genuk
       Didepan Makam / seberang jalan ketemu jalan setapak. Jalur inilah yang harus kami lalui.

     Karena licin dan sebenarnya takut membonceng bila jalan keadaannya seperti ini, saya pilih turun dan jalan kaki saja. Dan ternyata cukup dekat.
    Terletak di sebuah gumuk, secara administrasi masuk wilayah dusun Watu genuk, Desa Kragilan Kecamatan Mojosongo kabupaten Boyolali. 
Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
      Situs ini sangat terkenal di kalangan warga masyarakat, beberapa warga yang saya tanyai berharap secepatnya pemerintah merekontruksi ulang dan menjadikan Candi Kragilan ini destinasi wisata sejarah sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga (saya kaget ketiga seorang petani yang berpapasan saat saya jalan kaki menuju situs, berkata demikian). 
      Di pojokan jalan setapak, yang lokasinya agak terpisah (sisi luar gumuk), ada tumpukan struktur batu candi.
               Masuk area gumuk (bukit kecil) kita akan disambut arca Nandi dan beberapa struktur batuan Candi, 
Arca Nandi Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
       Sayangnya seperti yang sudah - sudah, Arca Nandi tanpa kepala. Musim penghujan, menjadikan kondisi gumuk sangat ‘rungkut’, lembab dan banyak nyamuknya. 
Kemuncak Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
     Terkesan Situs Kragilan ini terbengkalai, tak ada papan peringatan bahkan tak ada penutup biar tak hujan kehujanan panas kepanasaan. 
     Di Sekeliling arca nandi terdapat beberapa struktur batuan candi, satu yang terdokumentasi kamera kami, KEMUNCAK.
      Arca Nandi yang juga merupakan wahana dewa Siwa ini memang satu paket sebuah bangunan suci masa lalu dengan ciri keberadaan Lingga Yoni. Jejak peradaban Hindu Klasih yang diduga peninggalan abad ke 8. 
      Nandi dari belakang ;
Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
    kondisi 
         Juga terlihat jejak lubang penggalian, saya duga adalah jejak eskavasi. kira-kira 15m disitulah bangunan utama Situs Candi Kragilan berada.
Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
        Dibeberapa sumber berita yang saya baca, saat ditemukan oleh warga kemudian dilakukan penggalian (tak ada sumber yang melakukan penggalian). Masih lengkap ada Yoni dan Lingga nya. Sementara saat saya kesini tahun 2017 Lingganya sudah tak ada.
        Yoni Situs Candi Kragilan, close up ;
Yoni Situs Candi Kragilan, Mojosongo Boyolali
      Cerat Yoni, 
Cerat Yoni Situs Candi Kragilan
       Makhluk dewa yang terukir di bagian Penyangga Cerat Yoni;
Yoni Situs Candi Kragilan
        Yoni yang juga dipercaya, sebagai manifestasi Dewa Siwa, yang melambangkan kesuburan, dimana Yoni adalah shakti (istri) Dewa Siwa yang berwujud Lingga. 
      Pada masa lalu, saat upacara disiramkanlah madu, mentega dan air suci di atas lingga, kemudian akan memancar keluar melalui lubang cerat. Air yang keluar inilah yang dipercaya sakral dan digunakan untuk upacara keagamaan atau ritual penyembahan prosesi ibadah hindu klasik. (dari berbagai sumber).
          Beberapa bukti kesimpulan bahwa situs inii dulunya sebuah bangunan, terangkum dalam beberapa dokumentasi saya ini. Dengan segala keterbatasan penglihatan karena lebatnya rumput dan perdu :


      Video Amatir : (SUBSCRIBE ya)

The Partner :
Suryo Wibowo
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
Candi Kragilan
        Kami kemudian berlanjut ke 2 Yoni di Bangak Boyolali (gantian guide dan membuat ulang video yang dulu belum saya buat), setelah itu mampir di rekan Komunitas : Mas Yoga, semoga dibonusi situs.... hehehehe
      Bahan Bacaan :

  1. http://www.solopos.com/2015/03/19/wisata-boyolali-situs-kragilan-dinilai-layak-jadi-objek-wisata-baru-586465
  2. https://joglosemar.co/2015/04/situs-purbakala-diduga-kompleks-candi-di-mojosongo-tak-terurus.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar