Kamis, 06 Juli 2017

Penelusuran Watu Lumpang Klepu #1 : Makam Mbah Gatti

Watu Lumpang Klepu  : Makam Mbah Gatti
Kamis, 7 Juni 2017, Akhirnya kembali ke rutinitas Blusukan Kemisan. Dan Masih bersama rekan yang membuat patron ritual kemisan ini ada : Lek Suryo. Destinasi tujuan kami dengan minta bantuan guide Mas Dhany yang punya banyak stock triple Lumpang di area Pringapus, dan tentu saja karena masih dalam suasana lebaran, silaturahmi ke yang tua. Haghaghag...
Janjian di TB Jaya Milik beliau di Traffict Light Karangjati, saat ngobrol dan rehat menikmati kopi, tak dinyana datang lagi Mas Be tepe a.k.a mas nono', yang awalnya beliau bermaksud beli tutup pralon melihat kami dudur berjejer langsung balik kanan dan tak jadi lanjut pulang. Percakapan seru kami, dengan beliau berakhir dengan kesepakan : beberapa bulan lagi berencana jelajah "Medang Kamulan" Blora area. 
Mas Be te pe : Janji = Utang lho.... Saking serunya ngobrol, kami terlupa untuk foto bersama! 
Sayangnya beliau janjian dengan seseorang, jadi tak bisa turut bersama kami. setelah suguhan wajib (kopi) di TB. Jaya tandas, meluncurlah kami menuju arah Pringapus.
Watu Lumpang Klepu #1 : Makam Mbah Gatti
Menuju arah Pringapus, pertigaan Klepu kami ambil kiri, kira-kira 300m sebelah kiri di pinggiran dusun ada jalan tanah berbatu, kami masuk menyusuri area kebun karet. Sekitar 100m sebelah kiri ada jalan setapak yang menurun, kemudian melewati sawah (uniknya sawah ini berada di kelilingi kebun karet di sisi kiri, sementara di kanan lahan yang penuh pohon Jati).
Watu Lumpang berada di area Makam Keramat Mbah Gatti, seorang warga yang sedang “tunggu manuk”, alias menunggui masa panen padi dari serangan burung, saat kami tanyai geleng kepala perihal sejarah atau legenda Mbah Gatti ini. Semoga salah satu yang membaca tulisan ini yang mengetahui berkenan membagikan….
Kondisi Watu Lumpang hanya penampang atasnya saja yang terlihat, bagian bawahnya terpendam di dalam tanah. 
Watu Lumpang Klepu #1 : Makam Mbah Gatti
Dengan Bentuk yang sudah tak beraturan lagi. Umumnya lumpang berbentuk Bulat Presisi ataupun kotak dengan pola hiasan tertentu.
Watu Lumpang Klepu #1 : Makam Mbah Gatti
Dibeberapa literatur menjelaskan, tentang kemungkinan berbagai fungsi Watu Lumpang. Watu lumpang yang khas, ada relief ataupun inkripsi dan dilengkapi dengan struktur kuno yang lain biasanya dibuat sebagi tetenger  penetapan sima.
Watu Lumpang Klepu #1 : Lubang lumpang
Fungsi yang lain sebagai alat untuk mempersiapkan sesajen untuk berbagai ritual penyembahan masa lalu, sedangkan secara luas dan umum fungsi Lumpang yang biasa hanya sebagai alat untuk menumbuk biji-bijian atau bahan makanan.
Video Penelusuran :

 Penelusuran Kemisan dengan Trio ini:
Watu Lumpang Klepu #1 : Makam Mbah Gatti


Perjalanan berlanjut, Lumpang ke dua.

ssdrmk
Salam Peradaban


Tidak ada komentar:

Posting Komentar