Kamis, 04 Mei 2017

Makam dan Lumpang Situs Sumur Blandung : Part 2

Makam dan Lumpang Situs Sumur Blandung : Part 2

Kamis, 4 Mei 2017. Beberapa bulan yang lalu, sesaat setelah posting naskah blog serta posting foto hasil blusukan ke situs sumur Blandung di Kaloran Temanggung di akun facebook, ada beberapa rekan yang berkomentar “Gak Mampir sekalian di Makam Kuno, disitu ada Lumpang, Kala, kemuncaknya?, Hanya 10 langkah lho!!!”…. secara pribadi saya gelo tenan. Saat saya jawil rekan blusukan waktu itu, Lek Sur… idem pula… dan ternyata lebih gelo dari pada saya.
Makam Situs Sumur Blandung
Alhasil, hari ini saya diajak lagi (beruntungnya saya---), ritual kemisan berlanjut. Start dari perpustakaan Ambarawa, kemudian kami lewat Sumowono, yang ternyata rekan lain sudah menunggu… Mas Imam… jadilah kami bertiga. Rencananya selain menelusuri ulang area Situs Sumur Blandung, juga blusukan di beberapa situs lain.
Beberapa saat kemudian sampailah kami. Saya tak sabar segera menelusuri jejak keberadaan peninggalan purbakala masa kerajaan, dan ternyata lek Suryo ingin mengulang mendokumentasikan sumur Blandung ini bersama Mas Imam (yang beru pertama ini), karena saat saya dan lek Suryo kesini waktu itu hujan sangat deras dari kami tiba sampai kami pulang. Jadilah… saya duluan mengeskplor.
Struktur Batu Candi di Situs Sumur Mblandung
Dari Sumur Blandung, sangat dekat hanya terpisahkan oleh rumpun bambu yang cukup lebat, wajar jika kami tak melihat saat pertama kemarin, tentu saja kurang jeli ditambah factor hujan dan belum lengkapnya informasi yang kami dapat. Saking lebatnya Bambu, jalan beton / cor-coran menuju makam tertutup lumut. Jadi berhati-hatilah.
Area makam kuno ini sudah dibangun pagar sekelilingnya dari bata, yang ditumbuhi lumut pula. Namun disisi kiri ada batu bata yang tanggal. Ada 3 makam di dalam bangunan ini, dengan salah satu makam yang nampak menonjol dengan tatanan nisan dari batuan candi. Sedangkan Watu Lumpang ada di bagian depan pagar makam.
Watu Lumpang Situs Blandung kaloran Temanggung
Watu Lumpang berdimensi cukup, tak terlalu besar dengan kondisi penampang atas watu lumpang sudah tak rata lagi, aus  yang bisa saja berbagai penyebabnya (mungkin).
Watu Lumpang

Sejarah makam, kurang kami tahu… siapa yang dimakamkan disini. Pastinya warga di sini men-sakralkan dengan membangun pagar pelindung yang mengelilingi. Namun dari tananan dari watu candi kami menduga bukan orang dari kalangan kebanyakan.

Yang jadi pusat perhatian saya tentu saja keberadaan relief Mahakala, yang umumnya diletakkan dibagian atas pintu sebuah bangunan suci (saat ini orang mengenal dengan nama Candi---), kemudian kemuncak (yang jadi patokan makam), terletak di bagian atas bangunan suci. 
Belum lagi struktur batu yang berbentuk (persegi-berpola) yang kuat diduga menjadi bagian struktur bangunan suci tersebut.


Ketika warga menyebut ini adalah makam kuno, saya menduga ada sebuah bangunan suci dengan masa lebih kuno lagi yang pernah tegar berdiri di area ini. Kebenaran akan menemukan jawaban sendiri….



Sayangnya, keberadaan rimbunan bambu, kemudian luangan (bahasa jawa-kubangan) ditengah-tengahnya… dijadikan tempat pembuangan sampah. Banyak sampah berceceran di sekitar makam, sayang sekali. Terkesan kumuh dan Jorok, apalagi di area ini kelembaban cukup tinggi.
Blusukan situs Tujuan pertama bersama Lek Suryo dan Mas Imam 
ki-ka : Saya, Suryo Wibowo,dan Imam
Salam Peradaban.

Makam Situs Sumur Blandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar