Kamis, 22 Desember 2016

Jejak bangunan Purbakala di Kebonan Desa Jatijajar Bawen : Tersisa Batu Candi

Situs Kebonan Desa Jatijajar Bawen
  
     Kamis, 22 Desember 2016 Ritual blusukan "stiil go on", Kali ini gara-garanya 2 hari sebelumnya, mas Dhany dan Lek Wahid posting blusukan 'tak senonoh'nya alias situs (dekat) dengan eek di daerah Dsn. Kutan Desa Randugunting Bawen Kabupaten Semarang. Karena tak mau kalah, dan menganut paham "BLUSUKAN GARIS KERAS", saya tak mau kalah... buang jauh rasa jijik.. Karena blusukan situs lebih indah.
     Singkat cerita, setelah konsolidasi dan melempar ajakan kemisan di grup WA.... yang turut serta Blusukan garis keras kali ini : Mbah Eka WP, Mas Eka Ucrit dan tentu saja guide mas Dhany.

     Saat perjalanan, diskusi dan saling bertukar informasi menjadi kebiasaan kami. Dan tepat sampai di depan Coca **** Bawen, mas dhany berceletuk, "Dimakam belakang Alfa***t ini ada watu candi". Spontan kami menjawab hampir bersamaan, "Mandeg, ayo kita telusuri!".

    Menuju makam, dimana watu candi berada melalui gang sangat sempit, di pemukiman kos kos-an yang sangat padat. Jika kesulitan tanya saja sama warga/ warung si sekitar Parik coca****.
Makam kebonan jatijajar

      Yang terlihat ketika pertamakali tiba di depan makam adalah tatanan rapi watu struktur sebuah bangunan suci masa lalu = candi. Berpola dan terlihat jelas kuncian maupun ciri watu yang tak biasa.










   Dari informasi yang kami dapatkan, warga mempercayai makam yang paling atas  adalah Makam TUMENGGUNG SLAMET SENTONO atau TUMENGGUNG_MAYANG yang berasal dari keraton kasepuhan Solo. namun pastinya kami belum dapat sumber tertullis, hanya berasal dari gethuk tular warga yang kebetulan berada di makam saat kami kesini

     Selebihnya, jejak sejarah kabur... 

     Maaf ini cerita tambahan : seperti komentar seseorang di media sosial di statusnya Mas Eka Ucrit " Kurang Lebih (Ini kejadian nyata) silahkan tanya Mas Eka Ucrit  : 
" Kakean ngarang,,,,,, koyo ngerti2 o. Kene seng di lahirke nk kono ae ra ngerti critane ek. Ijeh do bocah we og cah cah...",       Saya pribadi maklum, yang mendasari oknum tersebut berkomentar seperti itu karena mungkin beliau tidak tahu atau bahkan sebenarnya tahu namun ada keterkaitan cuma keterkaitan itu permufakatan jahat terhadap situs (baca kolektor mafia yang suka memperjualbelikan arca) ... hahahahaha
     Dan semoga yang seperti beliau ini mendapat pencerahan.... agar sejarah bangsa, jatidiri kita tak kabur.... agar kelak anak cucu kita tak hanya generasi yang dapat cerita dari Mbah Google, namun bisa secara langsung menyentuhnya.... membuktikaknya.. dan mempelajari untuk bersikap dan bertingkahlaku di masa yang akan datang... Seperti Jepang/Cina lah... mereka negara berkarakter, jadi bisa menguasai dunia... 


Video Amatir, sambil latihan Mannequin Challenge :




Blusukan menelusuri jejak sejarah peradaban Masa Lalu

selfie di situs Kebonan jatijajar Bawen
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
di Situs Kebonan jatijajar Bawen
   Blusukan berlanjut menuju destinasi awal : Dusun Kutan Randugunting (Link Segera terhubung setelah jadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar