Selasa, 15 November 2016

Mengejar Yang Tersisa di Ngrawan Bawen : Arca Ganesha

Arca Ganesha Ngrawan Bawen
      Masih rangkaian di Blusukan Salam Jengkol Bersama Lek Wahid, Mbak Derry dan Mbah Eka. Setelah di reruntuhan Candi Ngasem, Watu Lumpang Kenteng Jetis Bandungan. Selanjutnya tujuan kami adalah Arca Ganesha di Ngrawan.
     Dari Lek Wahid, informasi keberadaan Situs ini berawal dari postingan Mas Artdie di Grup Facebook Dewa Siwa 14 november yang lalu..., kemudian respon memberikan penunjuk arah plus di hari H malah jadi guide.
     Janjian di Pertigaan Ngrawan, Dusun Keongan, pananda paling mudah dari arah Ambarawa, melewati SMK N 1 Bawen, Kemudian sebelah kanan ada gang yang khas ada petunjuk jahit sepatu plus sepatu berukuran jumbo... Masuk 100m, lalu sampailah.... (Mohon ijin mas Artdie foto saya cantumkan ya)
Arca Ganesha Ngrawan (foto by artdie)
   Awalnya kami mengira ini adalah nandi yang terpendam separuh, namun setelah kami minta ijin warga, ternyata 'sepotong' Arca Ganesha yang tinggal pinggang kebawah, mengingatkan kami satu arca yang tak jauh dari Ngrawan : Arca Baran Gembyang  = sama sama tinggal sepotong bagian bawah.
Ganesha Ngrawan (foto by Derry)
     Kami sepakat tanpa berdebat melihat ciri-ciri sisa tambun nya perut, kemudian bentuk tangan dan posisi duduk. 100% kami sepakat ini Arca Ganesha. Kemudian tanpa di setting beberapa dari kami menyebar ke sekeliling membentuk perimeter, karena keyakinan kami yang lain, tentu ada batu pendukung yang lain.
sumber : http://blog.sivanaspirit.com/

     Ganesha sendiri adalah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu dan banyak dipuja, yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan. 
     Dalam relief, patung dan lukisan, sering digambarkan berkepala gajah, berlengan empat dan berbadan gemuk. Dikenal pula dengan nama Ganapati, Winayaka dan Pilleyar. 
    Dalam tradisi pewayangan, ia disebut Bhatara Gana, dan dianggap merupakan salah satu putra Bhatara Guru (Siwa) (diolah dari berbagai sumber).
      Hasil penelusuran rekan, tak jauh dari lokasi Arca Ganesha memang ada satu batu berbentuk kotak, presisi yang kami duga salah satu unsur struktur bangunan yang berkaitan dengan arca Ganesha ini.









    Foto close up potongan Arca Ganesha, memperlihatkan ciri khas : 

Perut tambun Ganesha
      















     Foto dari Belakang :
Arca Ganesha Ngrawen Bawen

 Foto dari Samping :

Arca Ganesha Ngrawen Bawen

   
      Ketika mengerumuni potongan arca Ganesha ini, warga banyak yang penasaran. Setelah itu kami malah mendapatkan banyak informasi. Dulu memang banyak dan pernah dikumpulkan menjadi satu dirumah mantan kepala desa beberapa periode silam. 
    Bergegas kami mencoba menggali informasi, yang kata warga istri bapak kades tersebut masih ada. Dan kami disarankan untuk bertandang kerumah beliau. 
    Dan hasilnya, Kami sangat terlambat... tahun 90an.. memang benda purbakala itu dikumpulkan di depan rumah Bapak Kades, dengan maksud untuk diselamatkan dari mafia kolektor. namun karena gangguan-gangguan di luar nalar, kemudian benda purbakala tersebut dikemblikan dilokasi awalnya. Namun saat ini sudah banyak yang hilang. entah.... Begitu kurang lebih yang kami dapat.
     Namun yang pasti, benda cagar budaya di area ini erat kaitan dengan tinggalan yang berada di dusun lain : Arca Nandi Mustikajati dan Watu Candi bertumpuk di Belakang Poskamling Ngrawan Bawen.
     Semoga masih ada yang tersisa, dan suatu saat kami sempat menelusurinya... untuk kami bagi ke keturunan kami nantinya....

Beberapa yang terjepret kamera :
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

Mari Ketahui, dan Lestarikan

nb :
Terimakasih kepada para kontributor foto (all blusuker today)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar