Selasa, 15 November 2016

Blusukan ke SeKenteng Dusun Ngasem, Desa Jetis Kec. Bandungan

Kenteng Dusun Ngasem, Desa Jetis Kec. Bandungan
     Selasa, 15 November 2016 masih melanjutkan penelusuran Masjid Wurung Ngasem Kauman. Dari destinasi pertama, kami lanjutkan. keluar menuju jalan Bandungan Ambarawa. Lokasi mudahnya cari saja SMP IT Assalam (Saat kami kesini sedang proses pembangunan), semoga kelak jika sudah jadi masih ada jalan untuk kembali ke lokasi ini. 
     Tepatnya di belakang bangunan calon sekolah tersebut, emnyusurii jalan tanah melewati saluran irigasi, kemudian melewati pula kebun bunga hias milik warga. 
   Menyempatkan foto syantik bersama di syini....
foto by eka wp : yang terdepan.
     Susuri kebun bunga ini terasa adem sekalli hati... (selain hawanya memang adem sekali, namun cukup mengobati penat pekerjaan. 
     Setelah kebun bunga hias dengan rumah plastik ultraviolet (untuk istilahnya saya tak tahu)... 
    Intinya metodenya cukup modern.), kemudian melewati pula kebun salak pondoh. 
     Yang kompak kami melirik ada beberapa salak yang siap makan.. hehehehe.. sssttt-- tak kami lanjutkan. daripada salah satu dari kami di cari si pemilik. wakakakk.
     Informasi detail di sawah milik siapa watu (dikenal warga), kenteng ini saya tak mengetahui. tangan pertama dua orang tsk (Mba Derry dan lek Wahid) yang kemarin pertama penelusuran tak tahu pula, tak ada informan yang bisa kami tanya. Saat kami disini tak ada warga satupun. 
    "Ada watu kenteng disana", kurang lebih begitu informasi yang didapat. Watu kenteng = identik dengan lumpang atau yoni---.
Kenteng, Jetis Bandungan
    Berada tepat ditengah pematang sawah, saya pikir... jika orang lewat pasti sengaja/tidak pasti menginjaknya. Padahal dulunya watu ini... (Namun itu duluuu sekaliii) sangat istimewa bagi komunitas yang ada di area ini. 
Kenteng, jetis bandungan
     Berdasar tulisan di beberapa sumber, baik online maupun buku... (se-ingat saya), tapi kurang lebih : Jika lumpang masih sederhana, tanpa relief, tanpa hiasan tanpa inkripsi (tulisan).... diduga Lumpang itu berupa tinggalan sebuah entitas komunitas yang tak terlalu besar.. semacam padukuhan jaman dulu... untuk ritual tertentu...seperti misal ritual sebelum tanam padi atau digunaan untuk mencampur sesajen dengan cara sesajen, atau tempat menyembelih hewat korban sepeti Ayam.
Kenteng Dusun Ngasem, Desa Jetis Kec. Bandungan
      Sementara, jika hal tersebut diatas lengkap.. dimungkinkan menjadi penanda penetapan sima. Sima adalah tanah perdikan yang diberikan oleh penguasa kepada rakyatnya didaerah tersebut, karena jasanya atau kesucian daerah tersebut. 

     Video Amatir Menunggu proses : >......

Blusukan rasa salak pondoh :


Salam Pecinta Situs dan Watu Candi













Nb : Maaf Gambar kualitas HP.. Sing penting blusukane 'e dudu alat potret (alih2 nyesel ga punya SLR)
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar