Rabu, 28 September 2016

Yoni Mie Ayam Pengging Boyolali

Yoni Mie Ayam Pengging Boyolali
     Rabu, 28 September 2016, penelusuran nekat ini awalnya beberapa tahun yang lalu saya memperoleh informasi setelah upload naskah pemandian pengging, jika di dekat pemandian pengging ada Bakul Mie ayam yang memakai Yoni untuk meja, dan itu tahun 2011. Setelah 5 tahun berlalu, barulah pada kesempatan kali ini akhirnya bisa kesampaian.
      Dan ini sesungguhnya adalah bonus dari Mas Yogga Wahyudi, "Sekalian mampir rumah mas nanti kita mampir di Kala yang nempel di Gapura dan Yoni Mie Ayam. Dekat Rumah saya kok", jelasnya. 
       Dari Jalan Semarang Solo, Pertigaan Pengging ambil kiri (Dari arah Solo) kira-kira 1 km ada gapura masuk desa yang menempatkan 2 pasang kala sebagai hiasan.
Kala 1
   Gapura ini adalah Gerbang menuju Dusn Ngaru-Aru, Desa Ngaru-Aru Kecamatan Banyudono Boyolali.
     Dari informasi yang saya dapat, dua pasang kala ini dulu diambil di area dimana Yoni Mie ayam berada. 
Kala 2
     Kuat dugaan saya ada bangunan suci yang berukuran besar di area ini. Terbukti adanya kala yang biasanya ditempatkan di pintu masuk bangunan suci tersebut : candi.
    Semakin tak sabar saya segera menelusuri keberadaan yoni di warung Mie ayam tersebut, yang ternyata sangat dekat sekali dengan rumah mas Yogga Wahyudi. "Hanya 100m saja mas!", jelas Mas Yogga.
Yoni Mie Ayam Pengging Boyolali
      Dari Gapura Kala kembar, kami terus kira-kira 500m, kemudian pertigaan ambil ke kiri. kira-kira 100m kemudian sampailah.
     Yoni Mie Ayam Pengging Boyolali ini secara administratif berada di dusun Bantulan Desa Jembungan masih di kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. 
     Namun sayangnya, saat saya kesini sekitar jam 3 sore, Mie Ayam belum buka dasaran. Untuk gambar kondisi sebenarnya pemanfaatan Yoni ini tak saya dapat. Sambil nunggu bantuan dari mas Yogga saya uplod dulu naskah ini. Untuk berbagi kisah perjalanan saya.
Yoni Mie Ayam Pengging Boyolali

     Kondisi Yoni, dipendam dan diplester sebagian di lantai warung mie ayam tersebut, sehingga hanya nampak separuh saja.
     Hasil peradaban Hindu kuno ini adalah salah satu perwujudan Dewa Siwa. 
   Pada permukaan yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat di bagian tengah – untuk meletakkan lingga.
cerat Yoni Mie Ayam Pengging
    Yoni merupakan bagian dari bangunan suci dan ditempatkan di bagian tengah ruangan suatu bangunan suci. Yoni biasanya dipergunakan sebagai dasar arca atau lingga. Yoni juga dapat ditempatkan pada ruangan induk candi.
     Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, seringkali di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. 
cerat Yoni Mie Ayam Pengging
     Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. Beberapa ahli mengemukakan bahwa bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca.
    Lingga dan Yoni mempunyai suatu arti dalam agama setelah melalui suatu upacara tertentu. Sistem ritus dan upacara dalam suatu religi berwujud aktivitas dan tindakan manusia dalam melaksanakan kebaktiannya terhadap Tuhan, dewa-dewa, roh nenek moyang dalam usahanya untuk berkomunikasi dengan mereka.
    Dari informasi yang saya dapat dari Mas Yogga Wahyudi, dulu lingga pasangan Yoni ini ditemukan di sungai dekat posisi Yoni ini. kemudian diamankan di rumah salah satu warga. 
Yoni Pura Mandira Herdaya 
    Lingga ini, sempat dipakai untuk mengasah arit, juga  pancikan di pancuran, bahkan alas untuk kongkow pup, kemudian, untuk kembali memuliakannya, Pura Mandira Herdaya di Banyudono kemudian meminta dan di pasangkan dengan yoni yang telah ada di Pura sebelumnya. 
Setelah mengeksplor sebentar, kemudian saya berkesempatan mampir di kediaman mas yoga, sambutan super ramah dari keluarga besarnya... cerita panjang lebar dan banyak sekali infprmasi di sekitar pengging. Luar biasa.... Semoga lain waktu bisa kembali dan menelusuri semua informasi tersebut.




nb : 
Nunggu tambahan gambar dari Mas Yoga, Yoni Mie ayam Pengging ini penampakan saat Mie ayam buka dasaran




Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
SSDRMK di Yoni Mie Ayam Pengging Boyolali

Mari Ketahui... Lestarikan...

1 komentar: