Minggu, 18 September 2016

Yoni Gowok, Desa Ngabean, Boja Kendal

    Sabtu, 17 September 2016 .. 
Yoni Gowok, Desa Ngabean, Boja Kendal
    Sudah sejak lama, ketika mengikuti postingan dari rekan region barat, Kendal Area Mas Imam yang sangat menggoda untuk segera "njaluk diterke". Hehehehe.. bagi saya pribadi, area kendal lereng gunung Ungaran, dulu sebelum terkotak administratif kabupaten/kota, saya sangat yakin menjadi satu wilayah sebuah kerajaan yang pernah ada di Lereng Gunung Karungrungan* (Naskah Bujangga Manik = Gunung Ungaran)
      Begitu menariknya..... Akhirnya dengan beberapa rekan yang lain yang merespon ajakan blusukan weekend, Kami janjian di Terminal Cangkiran Mijen Semarang abis dhuhur.. Namun seperti biasa.... (semoga tak terulang), sing ngeterke malah nunggu... wkwkwkw..  Di area ini dekat sekali ada Beberapa situs yang sudah berhasil kami telusuri, antara lain : Yoni Mbah Badur dan Petirtaan Cangkiran, Yoni di Masjid pertigaan Cangkiran dan Lumpang Setra
      Dari Terminal Cangkiran, kami yang akhirnya berempat (Saya, Anak Saya, Mas Imam, Mbah Eka dan Mas Eka) melaju menyusuri jalan arah gonoharjo. Melewati bekas peternakan sapi Presiden RI ke 2, kemudian kira-kira 1 km... ada pertigaan, dimana pertigaan tersebut pas jalan sebelum jembatan.
    Masuk menuju Dusun Gowok, Desa Ngabean, Kira-kira 500m tepat didepan pabrik tahu.... Yoni ini berada. Tak menunggu lama, kami segera "menyentuhnya"... 
Yoni Gowok, Desa Ngabean, Boja Kendal
     Secara Administratif, Yoni ini berada di Dusun Gowok, Desa Ngabean Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Yoni menjadi manifestasi Siwa dalam ajaran Hindu seharusnya ada pasangan Yoni yang dinamakan Lingga dan berada atau terletak di atas Yoni, Namun Lingga sudah Hilang.
     Kondisi Yoni sudah ditumbuhi lumut di hampir seluruh bagian, dan beberapa sudut sudah rusak, entah aus ataupun (sempat akan) dirusak/ dihancurkan, entah. Namun masih digunakan oleh orang-orang tertentu untuk ritual....
    Sayangnya pengertian masyarakat hanya sampai disitu, berbau mistis, bukan watu purbakala peninggalan budaya masa lalu, hasil cipta karsa leluhurnya yang di uri-uri.... Bukan-Bukan itu ternyata. Sayang sekali!!!
     Yoni merupakan bagian dari bangunan suci dan ditempatkan di bagian tengah ruangan suatu bangunan suci. Yoni biasanya dipergunakan sebagai dasar arca atau lingga. Yoni juga dapat ditempatkan pada ruangan induk candi. 
     Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, seringkali di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. 
Penampang atas Yoni Gowok Boja
   Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. 
Cerat Yoni Gowok Boja
    Bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca. Lingga dan Yoni mempunyai suatu arti dalam agama setelah melalui suatu upacara tertentu. Sistem ritus dan upacara dalam suatu religi berwujud aktivitas dan tindakan manusia dalam melaksanakan kebaktiannya terhadap Tuhan, dewa-dewa, roh nenek moyang dalam usahanya untuk berkomunikasi dengan mereka. Dalam ritus dan upacara religi biasanya dipergunakan bermacam-macam sarana dan peralatan, salah satu di antaranya adalah arca.
     
Video Amatir : (file hilang)

   Foto bersama, Mblusuk bersama... Guide hunter  Mas Imam & Double Eka :  Mbah Eka W. Prasetya - Eka Budi (Awalnya kami kesulitan mencari alas untuk selftimer namun masalah terpecahkan, difoto sama anak saya... jadi mohon maaf bila ada ruang kosong di gambar... maklum masih belajar)
Yoni Gowok Ngabean Boja Kendal
    Blusukan membawa generasi baru saya, Salam Pecinta Situs Watu candi
Yoni di Gowok Ngabean Boja : Regenerasi bersama Jagad
Ketahui dan ... Yuk mari Lestarikan

--
Penelusuran Berlanjut.....

1 komentar:

  1. Dapat kabar dari rekan, situs ini tak berada dilokasi .... sedih!

    BalasHapus