Rabu, 14 September 2016

Watu Lumpang di Wujil Bergas

Watu Lumpang di Wujil Bergas
     Blusukan "Kemisan masih berlanjut, kali ini bersama Mbah Eka W Prasetya.... "Tak terke"jawabnya secepat kilat. Saat saya messanger-an. Sekalian menelusuri lokasi lain sambungnya. Berawal dari postingan sior di dunia per-watuan purbakala impor dari luar kota. Pinisepuh Mbah Miko dan Mbah Adji.
Watu Lumpang di Wujil Bergas : dibawah tulisan merah
     Sangat menarik hati saya.... Kok ya sering lewat tak menyangka ada Watu Lumpang itu.
     Start  dari alun-alun lama Ungaran, berangkat jam 2 langsung meluncur ke lokasi, melalui jalur belakang  karena saya pembonceng tak tertib kali ini... lupa bawa helm.                             Petunjuk arah yang terdekat adalah Pertigaan SDN Wujil 02 Bergas. Dari SD Wujil 02 ambil arah ke kanan (bila sobat dari stadion wujil. Kira -kira 100m lihat ke kanan secara teliti di lahan kosong milik warga.
wujud watu lumpang kuno : Wujil Bergas
     Menurut info yang didapat Mbah Eka, Lahan ini Milik warga Bapak Dawam.  Terlihat dari kiri, kanan dan belakang lahan yang sudah berdiri rumah, saya kok punya perasaan tak baik.... Secepatnya ini di selamatkan... Terserah pihak RT/RW ataupun Desa/Kelurahan memindahkan agar aman dan tak bernasib sama dengan watu peninggalan lain yang akhirnya menjadi watu urugan atau pondasi.
Watu Lumpang di Wujil Bergas
    Watu lumpang, diduga pada masa itu digunakan untuk ritual tertentu, mulai dari ritual penetapan daerah sima atau wilayah perdikan (merdeka dari pajak), ada pula digunakan untuk ritual suci menumbuk sesajen atau bahkan digunakan untuk ritual tertentu lainya.
    "Terakhir kita lewat setelah blusukan, watu lumpang ini masih tertutup pohon dan banyak ilalang yang menghalangi pandangan", jelas Mbah Eka W.P
    Terlihat dari bekas tanah yang di pacul, lahan kosong ini mulai di perhatikan oleh pemiliknya.
     Sebenarnya saya sudah mem-video kan blusukan kali ini.... sayangnya hilang....
---
     Maaf hasil foto bareng, tak terfokus, maklum selftimer kurang sempurna karena alasnya bergerak... : 

Salam Pecinta Situs Watu candi
@ssdrmk di Lumpang Wujil

Blusukan kemisan berlanjut...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar