Rabu, 07 September 2016

Watu Candi di Makam Desa Kalijoso Windusari Magelang

Makam Kalijoso Windusari
     Rabu 7 September 2016. Awalnya sungguh tak terencana di destinasi kali ini. Tujuan utamanya adalah Candi Selogriyo Magelang, Namun guide super** saya malah ngasih bonus beberapa situs di sekitar area Candi Selogriyo. (**ngeterke, Mboncengke, dlll. Joss pahalamu berlipat bror....)
menuju Candi Selogriyo via Payaman
    Sebelumnya, karena penat pekerjaan dan jenuh rutinitas... saya nekat di sela hari kerja memaksakan diri untuk ngajak rekan Lek Suryo dan mas Dhany Putra untuk cuti sehari dari pekerjaan. Gayung bersambut. Start dari Ungaran jam setengah 8 pagi. Kami bertiga meluncur ke Lokasi. 
      Sesampai di payaman, kami ambil jalan ke kanan, menyusuri jalan menuju kecamatan Windusari. Kira-kira 4 atau 5 km posisi di sebelah makam. Dimana di gerbang Makam, kiri kanan di letakkan Watu Lumpang.
Abaikan yang tengah : watu lumpang kembar di Gerbang makam kalijoso Windusari

     Kami menduga, kedua watu lumpang ini tak lagi in situ alias pindahan dari lokasi lain di sekitar wilayah desa ini. Kemudian oleh warga diletakkan di Makam.
   Menurut info dari Mas Nugroho Wibisono, secara administratif masuk Dusun Kalijoso Desa Kalibening Payaman Magelang (Jika salah protes sendiri nggeh sama mas bison...wkwkwkwk)
     Watu Lumpang pada masanya dikenal sebagai media penetapan wilayah Sima =  tanah perdikan oleh Raja kepada satu wilayah. Bisa karena wilayah suci ataupun karena anugerah tertentu.
     Kedua watu lumpang tersebut :
Lumpang 1 : Makam Kalijoso Windusari Magelang

Lumpang 2 : Makam Kalijoso Windusari Magelang
     Masuk di area makam langsung terlihat tatanan candi di makam juka umpak/ kemuncak/ struktur watu candi serta Lumpang ke 3.
Struktur Watu candi : yang tersisa di makam Kalijoso
   Di Sebelah Kanan, ada Watu Lumpang dengan bentuk yang sedikit berbeda dengan Lumpang 1 dan 2 yang ada di depan  pintu Gerbang Makam :
Lumpang 3 : Makam Kalijoso Windusari Magelang
    Di Sebelah kiri ada struktur watu candi yang berpola, antara Umpak atau sebuah bagian kemuncak yang hilang bagian atasnya. Setelah berdiskusi agak lama, kami bertiga sepakat ini sebuah kemuncak.
Kemuncak Kalijoso Windusari - foto by ssdrmk
Kemuncak Kalijoso Windusari - foto by Suryo
    Penampang Atas Kemuncak di Makam Kalijoso Windusari Magelang :
Kemuncak Kalijoso Windusari - foto by ssdrmk
      Namun Entah ... kebenaran sejarah itu tak ada yang benar... hehehehe. Maklum ilmu kami masih dangkal.. Mohon Pencerahannya.

     Sebuah makam terlihat berbeda, dengan tatanan watu Candi, nampaknya makam yang paling dihormati, dugaan kami yang bubakyoso atau pemuka desa/ leluhur masyarakat Kalijoso

    Namun sejujurnya, saat kami menelusuri jejak peninggalan peradaban di Makam ini tak ada yang bisa kami minta keterangan asal muasalnya.
    Hanya Dugaan Kami saja.... (Jadi ketika pembaca ada yang tahu sejarah atau cerita lebih lengkap dengan hormat mohon koreksinya.... pastinya naskah ini menjadi lebih sempurna. Rahayu!!!)
Makam Kuno di Kalijoso Windusari Magelang
     Nampak Kuncian, 2 lubang di watu candi yang dijadikan tatanan makam keramat tersebut. 
Watu Candi di Makam Kuno di Kalijoso Windusari Magelang

Video Amatir :


      Blusukan bersama Rekan Saya, Mas Dhany dan close up by Lek Suryo :

     Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
SSDRMk di Makam Kalijoso
    Mari Kunjungi, Ketahui dan Lestarikan... Jangan Diam Saja!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar