Rabu, 07 September 2016

Mengunjungi Lingga-Yoni Situs Watu Gong Desa Trasan Kabupaten Magelang

  Lingga-Yoni Situs Watu Gong Desa Trasan Kabupaten Magelang
     Rabu, 7 September 2016. Destinasi keempat yang berawal dari informasi petugas di Candi Selogriyo (Destinasi ke dua kami masih dihari yang sama-area Magelang). Sebelumnya destinasi pertama kami di Makam Kalijoso serta yang ketiga di Balai Desa Banyuwangi Kec. Bandongan Magelang.
Setelah main ke Balai Desa, kemudian kami kembali ke perempatan Trasan. Kali ini lurus (kalo dari arah Selogriyo berarti ambil kiri). Lurus kira-kira 500m kemudian perempatan kedua ambil kanan sampai ketemu dengan "Watu Gong" di depan rumah warga. 

 Lingga-Yoni Situs Watu Gong Desa Trasan Kabupaten Magelang
    Berbentuk seperti Gong, (Gamelan di Pewayangan), mungkin saja kenapa watu ini terkenal dimasyakat dengan julukan Watu Gong Trasan.
    Terus terang saja, blusukan kali ini surprise bagi saya, beberapa hari sebelumnya entah kenapa hasrat hati kepingin banget mengunjungi Yoni oval/bulat.... karena biasanya saya mengunjungi berbentuk Kotak. Dan nampaknya keinginan itu cepat terwujud bahkan bonusnya masih lengkap dengan Lingga yang menyatu.
    Rekan yang lain, seingat saya malah mengenal Yoni ini bertipe Monolith. Karena Antara Lingga dan Yoni menyatu. (Umumnya yang kami lihat terpisah). Sayang sekali bagian belakang yoni ada sedikit kerusakan, Gompal.
   Di Bagian Bawah ada ukiran bergaya padma atau bunga teratai.
Ukiran relief Padma : bunga Teratai
    Cerat Yoni Trasan Kecamatan Bandongan Magelang:
Cerat : Lingga-Yoni Situs Watu Gong Desa Trasan Kabupaten Magelang
    Dari sumber tulisan di bawah yoni yang terukir di keramik, Watu Gong ini berasal dari Blok Pagongan dusun Sengon Desa Trasan.


Video Amatir di Trasan : (Property by Suryo.inc) :


Blusuk Bersama Mas Dhany, dan Lek Suryo :

Yoni Situs Watu Gong Desa Trasan Kabupaten Magelang


Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
Yoni Situs Watu Gong Desa Trasan Kabupaten Magelang


     Perjalanan masih berlanjut.... Tunggu Kisahnya.....


NB:

  1. Semua foto kontributor dari 2 orang shabat saya : Lek Suryo dan Mas Dhany. Mohon jika copas mencantumkan sumber nya ya.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar