Rabu, 28 September 2016

Mampir di Yoni Kijing Miring, Sraten Desa Pucangan Kec. Kartasura Kab. Sukoharjo

Yoni Kijing Miring, Sraten kartasuran
     Rabu, 28 September 2016, lanjutan guide mas Yogga Wahyudi setelah janjian di Yoni Pasar Gladag, awalnya tujuan kami adalah Yoni warna-Warni Bangak Boyolali, namun saat hampir sampai di Pertigaan Kartasura, "Mas Mampir dulu di Yoni dekat sini, Ada Yoni Kijing Miring"... Saya sich Iyess sajah..! 
petunjuk jalan masuk menuju Yoni Kijing Miring
     Yoni ini pernah menghebohkan Solo raya, dan pernah di muat di surat kabar http://jateng.tribunnews.com/2016/08/15/heboh-warga-menggali-kijing-miring-di-permakaman-sukoharjo-temukan-benda-mengejutkan
     Petunjuknya di Jalan Solo Jogja, dari Solo.... Ambil arah kanan di pertigaan ini ( Seberang jalan ada Olimart.
      Masuk gang kampung kira kira 700m, cari saja pemakam an umum Sraten, Desa Pucangan. Terlihat jelas dari jalan Yoni yang saat ini sudah diangkat. 
Yoni kijing miring terlihat dari depan makam sraten pucangan
    Dari informasi surat kabar tersebut. Awalnya yoni ini terpendam sebagian di tengah-tengah sesaknya kijing di makam sraten ini. Wajar saja, ketika warga mengira ini sebuah kijing yang miring dan makam yang telah lama sekali ada di sini. sampai kemudian Bapak Wiyono Saputro (46) yang menemukan keanehan dan berinisiatif berembug dengan warga.
     Jadilah saat ini.... Penampakan jelas Yoni Kijing Miring....
Cerat  Yoni Kijing Miring, Sraten kartasura
      Pengangkatan oleh warga, baru saja, sekitar bulan Agustus... jadi saat saya kesini masih hot-hotnya (jika itu ibarat sebuah berita)
Sederhana namun sangat indah
     Kondisi Yoni relatif baik, jadilah timbul pertanyaan, berarti watu purbakala, apapun bentuknya akan lebih aman kondisinya, tak aus/ lapuk oleh lumut bahkan dirusak orang atau lapuk karena panas dan hujan.... jadi lebih baik di pendam sajakah? sebelum mendapat perhatian yang semestinya??! 
    Bentuk yoni pada umumnya yang ditemukan di Indonesia, persegi dan sangat presisi sekali. Masih sederhana tak ada hiasan relief ataupun corak di penyangga cerat. 
      Informasi inkripsi / tulisan tahun tak saya dapat, tentu saja penasaran dengan bentuk Lingga yang saat ini sudah hilang... barangkali ada angka tahunnya.... 
Siapa tahu???
 Lubang dimana seharusnya arca atau lingga berada ;
   Selain Yoni ditemukan pula batu bata jumbo yang oleh warga ukuranya sangat besar, bahkan lebih besar daripada batu bata benteng keraton.
       Mas Yogga, kebetulan juga menjadi saksi eskavasi yang dilakukan oleh warga, jadi tahu ada batu bata lain yang tersebar di sisi belakang makam. namun saat saya dan Mas Yogga mencari batu bata tersebut tak ada. 
     Padahal beliau yakin jumlahnya lumayan banyak. entahlah.. semoga disimpan oleh warga untuk diamankan.
      Terimakasih Mas Yogga Wahyudi, penelusuran berlanjut Ke Yoni Warna-Warni... tanpa foto, saatakan ku 'colong" fotone mas Yogga mliper je... wkwkwkwk
    Yoni Kijing Miring, nampaknya akan dirawat masyarakat sekitar...... semoga....
Yoni Kijing Miring, Sraten kartasura
Ketahui, Kunjungi dan Lestarikan...
di Yoni Kijing Miring, Sraten kartasura
Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

nb : 
Mohon maaf kualitas gambar mengecewakan, maklum SLR rusak... dan pakai hp saja. namun yang pasti bukan alatnya, yang penting penelusuranya.... idem? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar