Rabu, 01 Juni 2016

Menelusuri Jejak Purbakala Di Endong Sewu Pringapus

Menelusuri Jejak Purbakala  Di Endong Sewu Pringapus : Arca Nandi , Watu Lumpang
     Rabu, 1 Juni 2016. Setelah berhenti sejenak, menengok Arca Nandi yang terpenggal di Pertigaan Desa Kataan, Kami melanjutkan Blusukan Mampir di Candi Pringapus
Candi Pringapus Temanggung
    "Foto blusukan "Hit & Run" beberapa waktu lalu semua blur disini, jelas Lek Suryo.
    Kami sama sekali ta berencana menelusuri Sendang Endhong Sewu ini, Namun saat ngobrol santai dengan Juru Pelihara Candi pringapus, Kami disarankan untuk mampir juga ke Endhong Sewu. Ada Arca nandi Yang besar.... Airnya jernih plus seger kata beliau. 
    Tanpa banyak kata jadilah kami meluncur, dari Candi Pringapus terus keatas naik kira-kira 200m, Kemudian Gang pertama sebelah kanan masuk. Kira-kira 100m kemudian sampailah : 

Endong Sewu Pringapus Ngadirejo Temanggung
Endhong Sewu Pringapus Temanggung
      Endong Sewu, begitu warga mengenal sendang ini. Air Jernih dan segar terlihat dari pandangan mata yang sejuk. Dari monumen pemugaran, terlihat Endong Sewu dibangun pada tahun 1972.     Selain digunakan untuktuk aktivitas warga, mandi, cuci (di bagian tersendiri terpisah dari sendang) juga menjadi tujuan wisata air bagi masyarakat sekitar Temanggung, saat saya kesini banyak anak-anak kecil bahkan remaja yang berenang di sendang Endhong Sewu.

     "Untuk cerita legenda, mitos nunggu Mas Viriya Candra"
      
Arca Nandi Endong Sewu temanggung

      Kondisi Arca nandi di Endong Songo ini cukup menggembirakan.... MASIH UTUH, dari sekian banyak Arca Nandi yang saya temui, khususnya yang masih insitu, atau masih berada di lokasi aslinya. Semoga tetap selamanya utuh.... Nandi seperti lembu yang sedang duduk "Njerum" 

       Ukuran Nandi cukup besar, Nandi atau lembu yang merupakan wahana Dewa Siwa ini merupakan ciri peninggalan peradaban Hindu kuno yang dulu sempat berada di lereng Gunung Sindoro ini.
   Keberadaan Nandi, seharusnya hanya menjadi penanda adanya sebuah bangunan suci (Hindu Siwa, yang saat itu berkembang) atau keberadaan Arca Dewa Siwa juga banyak juga berpasangan dengan Lingga Yoni.
 Jejak Purbakala  Di Endong Sewu Pringapus : nandi dan Lumpang

      Selain Yoni terdapat pula Watu Lumpang yang berukuran lumayan besar. Watu lumpang pada masa itu dipakai atau dibuat untuk menetapkan daerah sima atau tanah anugrah dari penguasa. Entah area suci, masyarakat yang telah berjasa atau ada tugas khusus dari penguasa.
Watu Lumpang Endgong Sewu Temanggung
      Dalam Perkembanganya, Lumpang masih digunakan untuk ritual tertentu, seperti upacara sesembahan pada dewi kesuburan, ataupun banyak orang yang mempercayai tuah air yang berada di watu lumpang. Sebagai penyembuh dari sakit ataupun obat awet muda.







Video Amatir :



    Semoga tetap utuh, Lestari dan Mulia

Arca Nandi : Kepala Adalah Hakikat, tanpa kepala bukan apa-apa
     Blusukan Bersama Lek Suryo :
Maaf u pothographernya mungkin lapar....
Save This Not Only A Stone
Mari Kunjungi dan Lestarikan

Salam Pecinta Situs Dan Watu candi



    Penelusuran ini merupakan rangkaian penelusuran Temanggung area, Sebelumnya berturut-turut situs Bagusan, Situs Gumuk Candi, Situs Paladan, kemudian Mampir di Arca Nandi dekat Kantor Desa Kataan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, Mengunjungi kembali Candi Pringapus kemudian Petirtaan di Sendang Endhong Sewu Pringapus Temanggung, dan ketika Pulang Berhenti sejenak di Arca Ganesha pinggir jalan Sidukun-Ngadirejo Temanggung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar