Kamis, 05 Mei 2016

Situs Sejarah di Kolam Renang Muncul Banyubiru Kabupaten Semarang

Situs Muncul banyubiru
         Kamis, 5 Mei 2015. Sudah sejak lama saya dapat informasi adanya Yoni, Lapik arca, selo dampar dan arca di Kolam Renang Muncul ini. Namun baru di kesempatan liburan bareng keluarga ini saya bisa menengok.
     "Sekali jalan banyak maksudnya" .... begitulah kira-kira kali ini saya menceritakan perjalanan kali ini. Yang pertama tentu saja bisa 'piknik sama keluarga', sekaligus ngajari anak renang. Yang kedua..... ethok2 e ngejak orang tua ntraktir pecel keong & opor bebek.... murah meriah tapi moga bermanfaat.... hehehehe. Gambar pecel keong & opor bebek di akhir naskah.
Kolam Renang Muncul Banyubiru
    Bagi saya pribadi, tentu saja bisa menyambangi situs di Kolam Renang Muncul ini. 
    Rute dari rumah, saya lewat jalur yang biasa, Semarang - bawen, kemudian belok kanan melewati Jalur Lingkar Ambarawa. 
     Perkiraan saya exit tol Bawen padat kendaraan karena liburan. Perempatan alias trafict light Pojoksari ambil kiri menuju jalur Banyubiru.  Tak Sampai 15 menit sampailah.
Renang di muncul bersama Jagad P.M.
    Informasi yang saya dapat, Arca di buatkan rumah-rumahan di dekat pintu masuk Kolam Renang, sebelum masuk bayar tiket terlebih dahulu.
     Karena tujuannya piknik keluarga, saya masuk dan ke kolam renang terlebih dahulu, tentu saja sempat melirik arca Muncul.
     Beberapa saat di kolam renang, anak sudah kecapekan.... tibalah passion saya... alias eksplor kecantikan arca muncul... walaupun sudah terpotong setengah bagian. 
tiket Kolam renang muncul

     Tapi bagi saya tetap mempesona.

Tiket Kolam Renang Muncul Banyubiru @ Rp. 5000,- 


    Dari sumber tangan ke dua... Saya mendapatkan cerita : 
Sumber 1 :
     Konon dahulu kala, Kolam renang Muncul ini adalah Pemandian Putri Raja, atau yang dikenal dengan petirtaan. Buktinya, oleh warga memang banyak ditemukan arca dan watu candi lain yang tersebar di sekitar pemandian muncul.       "Sebenarnya masih ada ada Arca namun sengaja di pendam untuk keamanan", ujar penjaga loket kepada Max trist (seperti yang diceritakan kembali kepada saya.     Pohon besar dan arca yang di pendam kembali itu memang dipercaya warga sebagai penjaga mata air muncul ini.. (Sumber cerita dari wawancara Max Tris dengan sedikit improvisasi)
Sumber 2 : 
    Senada dengan sumber yang ke 1, Mba Derry juga menceritakan perihal penemuan berbagai unsur sebuah bangunan kuno... namun ditimbul kembali..... konon posisi bangunan kuno ada di bangunan pintu masuk ...

    Air di Pemandian Muncul ini memang terkenal akan kejernihan dan sejuk nya..... Semoga tetap lestari..... Mari tetap jaga lingkungan.
Situs  Muncul Banyubiru Kabupaten Semarang
     Penemuan-penemuan watu candi, arca dan lapik kemudian oleh pihak terkait dikumpulkan menjadi satu dan dibuatkan rumah-rumahan. "Selain sebagai keamanan juga penanda bagi generasi penerus", kata penjaga karcis saat saya tanya. Saat ingin mengabadikan butuh perjuangan bagi saya untuk menyingkirkan barang-barang yang nampaknya sekaligus dijadikan Gudang (mohon maaf pengelola....), namun kenyataannya begitu. ayolah..... jika rumah arca ini cantik bukankah menjadi tambahan nilai destinasi wisata....????
     Tinggal separuh nya, arca yang anggun itu... namun saya tak mendapatkan informasi, tentang perihal mengapa hanya tinggal sepotong.... 
   Dibawah potongan arca ada lapik arca, kemudian dibawahnya lagi, ditumpuk.... Yoni yang kondisinya lapuk di hampir semua bagian, sehingga, nyaris tak simetris bentuknya. 
    Ukuran Yoni Muncul : 
  • Panjang : 63 cm
  • Lebar : 63 cm
  • Tinggi : 53 cm
Yoni Muncul Banyubiru
    Ada cerita menggelikan namun sungguh miris..... Saat saya mengeksplor ... banyak pengunjung yang memandang aneh kepada saya kemudian menengok..."Apa sic yang saya foto?", setelah menengok pandangan pengunjung tambah aneh.... Mungkin memang belum adanya keterangan yang dicantumkan di rumah arca ini oleh pengelola...... (moga2 baca ini...)
    Lama-lama risih juga, itulah yang membuah saya urung untuk melihat "apakah ada lubang atau tidak" di lapik arca, juga mnenengok bentuk lubang di penampang atas Yoni tempat lingga berada. 
   Arca Separuh....

   Dari pengamatan saya pribadi, juga kesimpulan beberapa rekan..... kami duga ini arca siwa...walau memang tidak sungguh sungguh yakin.  Ukuran Arca : 
  • L : 25 cm 
  • T : 27 cm 
  • Tebal: 12 cm
     

    Selain Arca, Lapik, Yoni... Di Obyek Wisata Pemandian Muncul ini juga ada watu candi yang dinamakan Selo Dampar, Kondisi selo Sampar ini sudah memprihatinkan, bukan lagi retak namun sudah pecah.

Ukuran 
  • Panjang : 57 cm
  • Lebar : 40 cm
  • Tinggi : 17 cm







   
pecel keong muncul
     Setelah puas menengok tinggalan peradaban leluhur ini, saya berlanjut 'kulineran' :
 merasakan pecel Keong. Nikmat juga rasanya, setelah cape-cape berenang, ngisi perutnya pecel keong ...... monggo yang minat, perlu dicoba..... 
Opor Bebebk Banyubiru
      Sebagai buah tangan bagi orang dirumah, saya mampir pula di Opor Bebek.... tak jauh dari kawasan wisata muncul ini..... "Opor Bebek Mak Yah  Banyubiru"
     

    Rasane joss gandhos..... apalagi di tambah pete!! 


--- Keluarga Senang---saya pun terpuaskan ---- hahahahah... Blusukan Kali ini memang berbeda suasana---- 

Situs Muncul banyubiru
Save This Not Only a Stone!!

Mari Kunjungi dan Lestarikan....

Salam Pecinta Situs dan Watu Candi

      
    

2 komentar:

  1. wah baru tahu adanya arca di kolam muncul. terimkasih informasinya. Jika ke sana ingin mengexplore juga

    BalasHapus