Kamis, 14 Januari 2016

Watu Lumpang #2 Situs Pendem Sidorejo Bergas

Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas
Kamis, 14 Januari 2015
     Awalnya, Postingan dari Kang Dhanny Putra di Grup Dewa Siwa, tanggal 2 Desember 2015 Mblusuk dewe...mencari yg masih bisa menyambung benang merah sebuah peradaban masa lalu...watu lumpang dan batuan candi di Sidorejo(pendem), Bergas, Karangjati...tanya pada org2 malah diguyu,kurang gawean,wes edan tho kwe mas...(no edit)
    Setelah beberapa kali menyesuaikan waktu, akhirnya Kamis wajib Blusukan..... : Saya, lek Suryo dan Mbah Eka W. Prasetya dan tentu saja di temani beliau mas Dhanny. Area pendem Sidorejo bergas, tepatnya di belakang kantor Kecamatan Bergas ini Banyak situs. Bertebaran di sekitar pemukiman penduduk. Sementara ini saya baru menelusuri : watu lumpang, kemuncak, ada lagi informasi tentang kaki arca yang disimpan di kantor Kecamatan bergas. Namun saya belum sempat/ belum punya link ke sana.

       Untuk Rute/ jalur penujuk arah menuju lokasi cukup mudah, cari saja kantor Kecamatan Bergas, yang berada di Jl. Sukarno Hatta/ Jalur Semarang-Solo. Dari arah Solo, setelah kantor Kecamatan sebelah kiri ada gang masuk (tertulis Sidorejo). Ikuti Jalur itu. Kira-kira 100m kemudian ada Poskamling. (foto dan petunjuk jelas masih nunggu Mas Dhanny) Situs ini ada dibelakang pos kamling ini. (lihat video amatir untuk mengetahui arah).
Watu Lumpang Pendem Sidorejo Bergas : Terbalik

     Saat kami kesini, watu lumpang pendem terbalik. Setelah kami minta ijin warga, kemudian kami bertiga membalik posisi watu lumpang tersebut. Tujuan utamanya ingin mengetahui bentuk penampang atas nya.
Ingin tahu penampang ats watu lumpang Pendem Sidorejo bergas

Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas : mirip bentuknya 
    Setelah kami rasa cukup, watu lumpang kami kembalikan lagi ke posisi awal. 
    Selain keberadaan watu lumpang di area ini. 
     Banyak Pula watu candi kotak berpola yang berukuran Besar. 
watu lumpang ganjel kayu

    Namun sayangnya sudah menjadi alas "ganjel" Kayu, ada yang tergeletak begitu saja di pinggir rumah atau malah sudah diplester jadi lantai sumur.
Watu candi = alas tiang rumah












watu candi terbengkalai











terbengkalai, 











setiap tiang memakai alas watu candi













watu candi yang digunakan pula u batas rumah













Watu candi, berpola/ berlubang samping pos kampling




Video Amatir saat di Situs Pendem Sidorejo bergas : 











      Sebagai bahan Bacaan, tentang area Pendem Sidorejo Bergas ini, saya sertakan beberapa dokumen yang berhasil saya kumpulkan..... dan Jangan Terkejut.... Mari kita telusuri bersama saja.....



      
























Blusukan Bersama, Trio Lestari
Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas

Save This Not Only a stone.
Watu Lumpang Situs Pendem Sidorejo Bergas
Mari Lestarikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar