Kamis, 07 Januari 2016

Menelusuri Jejak Candi di Kalibeji Tuntang : Ada Nandi di Samping rumah

Menelusuri Jejak Candi di Kalibeji Tuntang : Ada Nandi di Samping rumah

Kamis 7 Januari 2016

      Masih Blusukan Penelusuran jejak Candi, Lanjutan dari Naskah Yoni Situs Bejirejo Kalibeji Tuntang. Seperti janji Bapak Kusriyanto yang berkenan menunjukkan ebberapa watu relief di rumah Mertua beliau kami jalan mengekor di belakang Bapak Kusriyanto.
      Jalan kaki menyebrangi jalan kampung, tepat depan rumah Yoni Bejirejo... Menyusuri jalan kampung tersebut, kira-kira 100m awaskanlah mata kalian. Karena Pandangan menohok ada di samping rumah papan.
Ada Nandi di Samping rumah : Kalibeji Tuntang

       Kebetulan memang saat itu, pandangan saya, pertama yang menangkap sosok arca Wahana Dewa Trimurti tertinggi : Dewa Siwa itu. "Eits...Stop...stop...lihat ....", spontan kami mendekat; Nampak dari belakang rumah, tepatnya dari kamar mandi ada dua orang ibu usai memandikan anaknya. Namun pandangan salah satu ibu sungguh tak bersahabat, awalnya saya pribadi maklum karena baru melihat kami, namun menjadi lebih tak bersahabat, ketika kami jelaskan kami ingin mengambil gambar alias hanya dokumentasi dengan super 'defensif' nya langsung ketus, "Itu punyanya mertua saya!", Kami hanya Ambil dokumentasi bu, ini kan peninggalan Purbakala, bukan milik perseorangan. "Batu itu awalnya bukan disini bu, tapi di depan perkarangan bapak... jadi bukan milik mertua ibu!", tambah Bapak Kusriyanto yang menemani kami. yang nampaknya gemas pula.
Candi Kalibeji : Ada Nandi di Samping rumah
     Saya langsung menyingkir tak tahan dengan gaya sok tahu ibu itu, Yang tahan dan bersabar memberikan pencerahan nampaknya hanya Mbah Eka WP... ---Tapi saat saya konfirmasi di lain hari nampaknya mbah Eka juga sudah melupakan semua percakapan dengan Ibu itu. "Bila di ingat, bikin sakit hati...", jelasnya...---- 
kalibeji : tak terbantahkan ada candi
    Saya kemudian mencoba mengamati beberapa lokasi, karena yakin tak hanya Arca Nandi ini saja. Dan Benar pula... Ada Watu Candi besar berpola di teras rumah ini.
   Di tiang rumah, di tiap pojokan menggunakan pula watu candi sebagai alasnya.
   Kemudian, penelusuran kami lanjutkan, menuju rumah Bapak Kusriyanto, yang konon mengumpulkan batu berelief dari sekitarnya. 
    Di Dekat arca Nandi, banyak pula pecahan watu yang kami yakini adalah pecahan dari Batu Candi yang berasal dari struktur sebuah bangunan suci masa lalu itu. Terlihat dari ciri-ciri batu yang identik dengan jenis batu Arca Nandi dan Watu Candi Berpola.
kalibeji : pecahan watu candi

Kalibeji : jadi tempat sandal
          Saat menuju Lokasi yang ingin ditunjukkan kepada kami, kami melewati sebuah rumah yang menggunakan alas tempat sandal di lantai teras rumahnya dengan Watu Candi....

     
    Sebelum kami ditunjukkan, jalan masuk ke Rumah mertua beliau banyak watu candi kotak (saya yakin dulu menjadi bagian / struktur bangunan suci--candi--- itu)



    Batu Ber-relief itu : 
Relief watu candi di Kalibeji













   Keberadaan Watu Candi Berelief ini, kemudian 2 yoni tak jauh dari lokasi dan tentu saja Arca Nandi menjadikan keyakinan kami semakin bertambah. Tentang Keberadaan Sebuah Bangunan Suci Masa Lalu. Dan Menambah kuat dugaan kami adanya pemukiman kuno di sekitar area ini. Sebagai bahan penguat, perjalanan kami lanjutkan ke penelusuran selanjutnya : Mahakala di sendang Kalibucu, Kalibeji... (link segera terhubung setelah naskah selesai)


Video amatir rekan Lek Wahid : 
link you tube
  1.  http://youtu.be/5UhPDyKn2Lc
  2. https://www.youtube.com/watch?v=42looanVPOQ

Save This Not Only a stone.
Arca Nandi di Samping Rumah : Kalibeji

Mari Lestarikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar