Jumat, 11 Desember 2015

Jejak Candi di Ngablak Candirejo Ungaran : Menelusuri bekas eskavasi

     Jumat, 11 Desember 2015
      Setelah melihat, postingan rekan di grup Dewa Siwa, rasanya tak sabar untuk segera menyambangi, karena Situs ini masih satu area/ dekat sekali dengan Situs Makam Ndowo dan Yoni Situs Bugangan Candirejo Ungaran serta  
Situs Candirejo Kec. Ungaran Barat.

     Setelah Lek Wahid, bersedia jadi penunjuk jalan (disela-sela kesibukannya- maturnuwun), Saya dan Lek Suryo segera meluncur menuju Lokasi. Titik point di Gang setelah Masjid Gowongan Ungaran/ Jalan Semarang Solo tepatnya di Depan KFC Ungaran. Di depan gang ada petunjuk ke arah pemancingan Seweden Indah. Ikuti petunjuk itu, kira-kira 100m setelah Pemancingan Seweden tetapp lurus, ada gang masuk sebelah kiri. Masuk 20m, kemudian parkir di depan rumah warga. jangan lupa beritahukan maksud sahabat. "Niliki watu candi". 
      Kemudian perjalanan lanjut dengan jalan kaki menyusuri area ladang dan sawah. Kebetulan saya mengabadikan dengan video perjalanan menuju lokasi, walaupun dengan hp dan kualitas seadanya. 



      Dari sumber yang ditemui Lek Wahid dan mbah Eka saat penelusuran beberapa waktu lalu. Di Ngablak, tepatnya di sawah bengkok, sekitar tahun 2005 pernah di eskavasi BCB. Dan menurut saksi mata banyak batu kotak besar yang jika dikumpulkan 2 truk saja tak muat. 
Jejak candi Ngablak Candirejo : ada di bawah pohon pisang
     Ditemukan pula beberapa Arca yang sudah dibawa ke museum. 
      Sebagai, Pengingat ditanamlah pohon pisang diatasnya oleh warga. 
     Tapi bukankah pohon pisang merusak???? 
     Luas area runtuhan candi yang dipendam kembali saat proses eskavasi itu berkisar 50m persegi, dan runtuhnya/ jatuhnya bangunan candi ke arah timur.
Sisa Candi Ngablak Candirejo Ungaran
Watu candi situs Ngablak Candirejo Ungaran
      Yang masih nampak jelas, dan tersisa/ 'muncul' keatas ya Watu candi yang berpola ini, semoga tak diboyong warga dijadikan talut/ pondasi rumah, seperti yang sudah-sudah nasib situs yang lain.
     The Only one dari sisi yang lain:
Watu candi Dsn Ngablak Candirejo Ungaran
     Mblusuk Bersama Lek Suryo dan Kali Ini Lek Wahid sebagai guide

saya, lek suryo dan lek wahid : di Candi Ngablak Ungaran
Salam Pecinta Situs!
@ssdrmk
Save This Not Only A Stone...
Mari Lestarikan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar