Sabtu, 31 Oktober 2015

situs Yoni duduhan Mijen Semarang

Yoni Situs Duduhan Mijen Semarang
31 Oktober 2015
     Blusukan mendampingi saudara dari jauh, arek Pasak Kediri : Mas Awan Dilangit. Yoni yang kami telusuri ini berawal dari info saat kami menengok bekas eskavasi Candi Duduhan yang kini ditutup kembali. Jalurnya sangat mudah, Berada di pinggiran wilayah Kota Semarang. (dulu wilayah ini masuk Kabupaten Kendal-Perluasan Wilayah Kota). Area ini banyak situs yang kebetulan sudah saya telusuri. Yang Paling Dekat adalah Nandi, Lapik Arca dan Kemuncak di Warung Mie ayam Dekat Kantor Kelurahan Jatibarang. Arah Ketimur ada Candi Duduhan yang ta lama yang lalu baru di eskavasi (saat tulisan ini saya buat) ditutup kembali. Link blog : proses mengumpulkan data, yang rencana judulnya ("Dewa Siwa di Lokasi Eskavasi Candi Duduhan Mijen : Dari Hari ke Hari")
     Ke Barat Lagi ada Yoni Pecah Situs Lumpangsari Duduhan Mijen. Bisa di yakini area ini dulu berkembang agama Hindu sekitar abad 7/8M. 
Gambar 1 : Gang menuju Yoni Situs Duduhan
     Sejarah ini perlu di teliti lebih dalam tentang berbagai kemungkinan itu. 
     Untuk mempermudah sahabat berkunjung kesini, saya coba memberikan petunjuk dan gambar penandanya.
     Dari Kantor Kelurahan Jatibarang, ambil jalan ke kiri. Bila lurus menuju BSB/ Brimob. 
Gambar 2 : Masjid Duduhan
     Kira-kira hanya 50m di sebelah kanan ada Gang masuk (gambar 1). Kemudian terlihat masjid Nurul Iman Dusun Duduhan RW V Mijen di sebelah kiri jalan gang tersebut. (Gambar 2)
     Jalankan motor pelan-pelan. tak sampai 50m di teras rumah warga ini Yoni ini di letakkan. 
Yoni Situs Duduhan Mijen : Di depan rumah warga
      Dari cerita yang saya dapat, yoni ini adalah pindahan dari area sekitar Yoni Pecah di Lumpangsari Duduhan Mijen. Cerita lebihnya tak saya dapat. Ketika minta ijin ambil gambar, tuan rumah hanya keluar rumah sebentar. Memperbolehkan kami ambil gambar kemudian masuk rumah lagi. Padahal saya ingin tanya lebih banyak cerita tentang yoni ini.
Yoni Duduhan
      Yoni adalah landasan lingga yang melambangkan kelamin wanita. Pada permukaan yoni terdapat sebuah lubang berbentuk segi empat di bagian tengah – untuk meletakkan lingga – yang dihubungkan dengan kehadiran Sebuah Bangunan Suci, Orang saat ini mengenal dengan istilah Candi..
Yoni Situs Duduhan : Lubang tempat Lingga
     Yoni merupakan bagian dari bangunan suci dan ditempatkan di bagian tengah ruangan suatu bangunan suci. Yoni biasanya dipergunakan sebagai dasar lingga. Yoni juga dapat ditempatkan pada ruangan induk candi.
fotoby : awan dilangit
     Bentuk Yoni berdenah bujur sangkar, sekeliling badan Yoni terdapat pelipit-pelipit, seringkali di bagian tengah badan Yoni terdapat bidang panil. Pada salah satu sisi yoni terdapat tonjolan dan lubang yang membentuk cerat. 
Yoni situs duduhan : lekukan dan cerat yoni
     Pada penampang atas Yoni terdapat lubang berbentuk bujur sangkar yang berfungsi untuk meletakkan lingga. 
    Pada sekeliling bagian atas yoni terdapat lekukan yang berfungsi untuk menghalangi air agar tidak tumpah pada waktu dialirkan dari puncak lingga. Dengan demikian air hanya mengalir keluar melalui cerat. 
close up yoni duduhan Mijen
    Bagian-bagian yoni secara lengkap adalah nala (cerat), Jagati, Padma, Kanthi, dan lubang untuk berdirinya lingga atau arca.
    Yoni Duduhan Mijen ini nampaknya model 'Plug n Play', alias pasangan beberapa kompenen bukan satu bagian utuh.

    Lingga dan Yoni mempunyai suatu arti dalam agama setelah melalui suatu upacara tertentu. Perwujudan Dewa Siwa dan istrinya (Shakti) yang melambangkan Kesuburan.
Yoni Situs Duduhan Mijen
     Setelah kami rasa cukup, perjalanan kami lanjutkan ke tujuan berikutnya.... "ini masih pemanasan mas awan" batin saya tersenyum... pingin nglempohke. Mbatin, Mas trist pasti mbrebes mili ngiris brambang goreng, nyesel kabur duluan... ternyata ada lagi yoni. "Kuwalat kowe kang trist, mbiyen pamer yoni pecah... wkwkwk"

Duet Bersama Mas Awan Dilangit, arek Pasak Kediri......
Saya dan Mas Awan Dilangit di Yoni Duduhan Mijen


Salam Pecinta Situs dan Watu Candi
Save This Not Only a Stone!!!

Mari Kunjungi dan Lestarikan....
Gabung yuk...di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar