Selasa, 04 Agustus 2015

Situs Kalibening Kebondalem Jambu

Lapik Arca Situs Kalibening
     Jumat, 24 Juli 2015
      Mbolang susulan, ditinggal blusuk oleh kawan-kawan Dewa siwa membuat saya 'memaksa' lek Wahid untuk kembali ke-tiga kalinya  ke lokasi.  "Maturnuwun yo lek". Bersama Lek Trisno, saya berangkat dari Perpustakaan Ambarawa. Mbolang kali ini dikejar waktu, Karena Kami juga Janjian jam 5 dengan Mba Derry rencana, kami melihat 2 arca yang 'sale' di situs online. Lokasi kedua nanti di daerah Bringin.
       Tak berpanjang lebar, segera kami menuju lokasi, singgah sebentar di rumah lek wahid tepatnya Desa Ngampin Ambarawa. 
    Kemudian Perjalanan kami Lanjutkan menuju Kalibening, Desa kebondalem Jambu. Petunjuk yang paling mudah, Sebelum kantor Polsek Jambu, ada gang sebelah kanan yang nanjak. Masuk kira-kira 4,5 km. 
Petunjuk 1 : SDN Kuwarasan 01
      Lurus terus. Ikuti penunjuk yang sempat kami abadikan, dimulai dengan Petunjuk 1 : Setelah SDN Kuwarasan. 
Petunjuk 2 : kantor Desa Kebondalem.
     Lanjut saja sampai ketemu dengan kantor Desa Kebondalem, yang berada di perempatan desa dan nampaknya menjadi pusat keramaian Desa. (Petunjuk 2), kemudian.  Ikuti panah merah / ambil jalan menuju arah sumowono (tertulis di rambu-rambu warna biru)
Petunjuk 3
     Sampai ketemu lagi dengan persimpangan jalan yang terdapat pula penunjuk arah, ambil lurus ke arah Kalibening (Petunjuk 3).        Kemudian Cari saja rumah Bapak Her Trimakno, Lapik Arca Situs Kalibening berada di kebun beliau. 
   
Saya. Pak Her dan Wahid
 Kira-kira 100m dari rumah Bapak Her (beliau biasa dipanggil warga), Situs ini berada di cekungan dengat aliran sungai kecil. Setelah minta ijin beliau, kami melanjutkan perjalanan. Parkir motor di pinggir jalan sebelum jembatan (kira-kira 50 dari Rumah Pak Her. 
                                                                                     Ada jalan setapak menurun menuju Situs.. 
     Susuri jalan setapak dan melewati jembatan bambu. kemudian tak sampai 50 meter akan sampailah :
     

      Lapik Arca Situs Kalibening kebondalem Jambu  
Lapik arca Situs Kalibening Jambu
Lapik arca di jalur aliran air
       Berada di dekat aliran air, yang bersumber dari mata air di dekatnya. Dulu, menurut cerita dari anak Pak Her yang penasaran nyusul kami... "Dulu di atas aliran ini, sekitar 10 meter ada pancuran air yang masih digunakan untuk mandi. Airnya bersih dan dingin."
    Namun saat ini, debit air menurun, Lapik arca juga berada di jalur air mengalir saat banjir, banyak sampah di sekitar lapik.  Walau dekat dengan sumber mata air, namun saluran air ini melalui perkampungan terlebih dulu...
     Selain di tempat yang tinggi, subur juga dekat dengan sumber air menjadi penanda dulunya di area ini ada sebuah bangunan suci untuk ibadah pada masa itu. Banyak kemungkinan, diatas Lapik ini. Bisa Siwa, Wisnu, Ganesha atau bahkan ARCA DEWI DURGA Mahisasuramardhini.
Lapik Arca Situs Kalibening Jambu 

      "Bentuknya seperti yoni tapi tak berlubang, untuk cerat ada untuk pembuangan air,  kalo umpak pasti tak bercerat, ada lubang besar atau malah timbul seperti gong untuk meletakan tiang", jelas Mba Derry Adita sang Ketua Komunitas dewa siwa saat kami mintai argumen pelengkap. 
Cerat lapik arca Kalibening jambu

      "Di atas ini, tepatnya di dekat sumber air, ada batu ber' tapak wali'.... yang menurut warga sekitar juga peninggalan masa lalu.". Tambah Bapak Her, memberi tambahan informasi kepada kami.
Lapik Arca Situs Kalibening Jambu
       Namun karena kami dikejar waktu, menelusuri 'tapak wali' segera akan kami agendakan lain waktu. dan Penelusuran situs di Kalibening ini belum berakhir
Situs Kalibening Kebondalem Jambu


     Mbolang susulan: (gambar diambil oleh lek wahid)
Salam Pecinta Situs
ssdrmk di Situs Kalibening Kebondalem Jambu



Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...
Mari Kunjungi dan Lestarikan.... 

Gabung yuk...

di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar