Jumat, 21 Agustus 2015

Jejak Situs Pendem Lingkungan Sidorejo Bergas

Kemuncak Situs Pendem Sidorejo Bergas
Jumat, 21 Agustus 2015

    "Jebule mburi omahku dewe, mben dino ta lewati...", ungkap mas Dhany saat ngobrol dengan saya kala itu. Tanpa berpikir panjang kupaksa lagi aja menunjukkan... hehehehhee. Sangat dekat lokasi tujuan saya kali ini ternyata sangat dekat dengan Situs watu Lumpang Sidorejo Bergas.
     Bahkan ketika mencari situs Sawah Reco saya sudah muter2 area ini. Awalnya nama daerah ini adalah Pendem, namun seiring perkembangan waktu dan bertambahnya penduduk sehingga saat ini berubah menjadi Sidorejo. Secara Administratif berada di Wilayah Kelurahan Bergas Lor.
Seperti yang sudah-sudah, saya sambangi dulu mas Dhany di Toko beliau.
Menuju situs Pendem Sidorejo
Jalurnya dari gang Sidorejo (sebelah SD Bergas Lor 01) masuk, ikuti gang tersebut. Kemudian jalan kira-kira 50m ada pertigaan sebelah kiri, melewati mushola kemudian majulagi 50 m sebelah kiri. Lalu terlihatlah persis di tepi jalan di depan rumah.

Kemuncak Situs Pendem Sidorejo Bergas
   Dari sumber 'screenshot' mas Dhany itu, yang tersisa di situs Pendem hanya kemuncak ini serta watu lumpang tak jauh dari lokasi kemuncak. 
      Lokasi kemuncak berada di halaman rumah warga, tepatnya sebagai hiasan jalan masuk rumah tersebut. Tepatnya di Rumah Bapak Budi 'tholo', RT 10/III, Lingkungan Sidorejo Bergas Lor.
Kemuncak Situs Pendem Sidorejo Bergas
      Saat kami kesini, kami diterima dengan ramah oleh seorang ibu. Sangat welcome, walau awalnya agak sedikit aneh dengan kedatangan kami. Saat saya jelaskan saya dari DEWA SIWA, Komunitas Pecinta Situs dan Watu Candi, ibu itu semakin bingung. 
       "Itu lho bu tujuan saya kemari", Mas Dhani menerangkan sambil telunjuknya mengarah ke watu di pojokan jalan masuk ke rumah beliau. Semakin seru, ketika ibu yang punya rumah tak tahu benda itu apa, bahkan masih keseruan itu, beliau menganggap kemuncak ini dulunya alas tiang bendera. Mantap sekali!!!
     Setelah panjang lebar kami jelaskan, Bahwa watu itu dulunya puncak sebuah bangunan suci (=sekarang orang mengenal dengan nama candi), ibu itu langsung berbinar kaget.
info dari mas dhany
    "Ach dulu ada dua mas, memang dulu orang tua pas bangun rumah saat menggali untuk pondasi memang banyak menemukan watu berbentuk kotak", jelas Ibu tersebut. "Tapi kemudian ditutup", jelas beliau.
   Selain diambil pihak yang tak bertanggungjawab, menelusuri jejak situs Pendem memang bagai mencari jarum di ladang penuh jerami saat malam hari tanpa sinar bulan. (Saya ingin menggambarkan betapa sulitnya). Juga banyak yang masih terpendam/ tak sengaja tertutup bangunan rumah. "Dulu di sekitar sini banyak rumah belanda, jaman dulu, pasti watu candi maupun arca juga banyak yang dibawa", Mas Dhanny dengan keyakinan karena banyak berita yang menuliskan hal seperti itu.  











****

Ada informasi, di sekitar Pendem ini, tempatnya di dalam kantor Kecamatan Bergas ada temuan yang disimpan berupa potongan kaki arca... Penelusuran masih berlanjut...-bersambung---

mBolang bersama mas Dhany, the spesial one 'blusuker' 

Save This Not only a Stone!
Yang tersisa di Situs Pendem Sidorejo Bergas


Salam Pecinta Situs

Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...

Mari Kunjungi dan Lestarikan.... Salam Pecinta Situs


Gabung yukk dengan Komunitas Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar