Senin, 27 Juli 2015

Situs Sawah Reco Bergas Lor Kabupaten Semarang

Arca di Sawah Reco Bergas Lor
     
      Kamis 2 Juli 2015.
Sebenarnya, Sawah reco ini mbolang ngabuburit cadangan, Ceritanya begini : 
     Siang sebelumnya, saya dapat informasi dari beliau Bapak Ris Winner di Daerah bergas lor ada Makam Pejuang Wanita Laskar Diponegoro, yang makamnya berasal dari batuan Candi lepas.
    Respon datang dari lek Trisno, setelah bersepakat. Kami janjian ketemuan di depan SDN Bergas Lor 01. Sambil nunggu, saya mencoba survey.... informasi yang ternyata saya gagal fokus.... dari percakapan messanger fb saya dengan beliau :
      Karena saking semangatnya saya langsung mencari petunjuk itu. Setelah 'pradaksina' muter-muter 3 kali... kok ga ketemu makam tersebut.... Rada mutung... rada ngomel2... tapi setelah saya cermati percakapan dengan beliau.... ternyata salah saya sendiri...... apes.... Pangapuranipun ingkang kathah bapak....
     Karena tak ketemu, Untung Saya menyiapkan PlanB, obat kecewa pula pada Max trist, saya teringat inpo dari Koh Singo tentang keberadaan potongan Arca pematang sawah di Bergas Lor. Petunjuk dari koh Singo. Arah bandungan, Setelah Indomaret ada gang sebelah kanan. Masuk 10m... ada gang kecil/jalan setapak... ikuti jalan tersebut.
batuan candi lepas : Sawah reco Bergas lor
       Namun yang kami dapat berbeda.... beberapa warga yang ku tanya, dimana jalan menuju Sawah reco hanya geleng kepala,    Namun, pandangan mata kami tertuju sebuah batu kotak besar berpola : 






      Fotonya blur.... Lek tris Grogi pas ambil gambar, ada cewek bening lewat.
   

     Beruntungnya kami, setelah agak kebingungan, ada seorang nenek mendekat, karena tertarik dengan aktivitas kami jepret2 di batu candi ini. Singkat cerita, malah beruntung, karena kami jadi punya sumber informasi.
   Menurut empunya rumah, seorang nenek (Saya lupa tanya nama) yang bawa dulu  Bapaknya."Batu ini dulu di 'Bopong' oleh swargi bapak saya mas". Berarti itu sudah lama sekali, Masih kata beliau "Riyen Kathah watu kotak, malah wonten ingkang benthuke kados kursi teng Sawah Reco mriko, teng telecek... saiki ning dhi, mboh  ilang di gowo sopo... " jelas nenek itu dalam bahasa jawa medhok-nya.
    Bertemu dengan nenek tersebut (yang kebetulan didepan rumah ada watu candi, menjadikan setitik cahaya cerah keberadaan arca yang saya cari. Setelah mendapatkan penjelasan, Saya dan Max Trist kemudian melanjutkan penelusuran. Keluar menuju jalan Bandungan lagi, kami kembali menuju arah Semarang. Arah yang ditunjukkan kepada kami : Jalan setapak di seberang Kuburan setelah Jembatan yang menikung, 100m dari indomaret.
         Informasi yang kedua, seorang Bapak yang kami temui... memberikan tambahan semangat, "Ya di sawah itu, tepatnya di Pematang ada Sisa Arca bagian Bawah".
Sampailah Kami....
Situs Sawah Reco Bergas Lor
      Sawah Reco, dari namanya saja membuat kami membelakkan mata.... Reco berasal dari kata Arca. Kami berdua bersepakat..."Berarti dulunya di Sawah itu ada Arcanya!" saat kami mendekat... sempat berdiskusi namun akhirnya kami setuju. bahwa ini adalah potongan bagian bawah Arca Ganesha.
Situs Sawah Reco Bergas Lor
    Kami, berani menyimpulkan sisa bagian bawah arca ini Ganehsa didasari beberapa hal :
1. Samar-samar ada relief masih bisa diraba seperti ujung belalai.
2. Area Bergas Lor ini banyak dikelilingi Arca Ganesha.
Situs Sawah Reco Bergas Lor
    Hasil penelusuran kami, di belakang tak jauh dari arca ini ada beberapa sisa batuan candi lepas yang ditumpuk menjadi penguat pematang sawah 


      Mbolang ngabuburit bersama, akhirnya buka puasa ya on lokasi... 
saya dan max Trist di Situs Sawah Reco BergasLor Bergas
      Mblusuk kedua, mengumpulkan di satu lokasi. Temuan batuan candi di sekitar situs: 
Tampak Mas Eka dan Lek Trist di Situs Sawah reco Bergas Lor


Save This Not Only A Stone!

@ssdrmk di Situs Sawah reco bergas Lor


Nb :.
     Segera akan berlanjut menelusuri informasi makam 2 pejuang wanita laskar P. Diponegoro... informasi dari Beliau bapak Ris Winner. Yang tak jauh dari situs ini.... (berharap beliau saged guide... hehehehe)


_______
Salam Pecinta Situs

Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...
Mari Kunjungi dan Lestarikan.... 


Gabung yuk di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar