Rabu, 01 Juli 2015

Arca Nandi Situs Mustika Jati Bawen


Kamis 18 Juni 2015
    Mbolang kali ini sumbernya dari obrolan singkat saya dengan Koh Singo saat ikut Mblusukan Marathon beberapa waktu lalu.
      Setelah Janjian hari Rabu sore jam 3... Kami mencoba menelusuri keberadaan Arca Nandi tersebut dari seorang rekan Koh Singo, namun karena tidak ada di rumah. Penelusuran Kami tunda. Karena kebetulan saya ada janji untuk penelusuran ke Arca nandi pula di Krajan Ungaran.
   Keesokan harinya, ketika saya baru saja sampai kerjaan (saya kerja di perpustakaan Ambarawa), Koh singo datang dan pamer foto Arca Nandi. Kata Beliau, karena penasaran tadi pagi menelusuri lagi. Dan bersyukurnya, beliau bersedia menunjukkan jalan langsung. Ketika bersiap-siap, malah kedatangan crew Dewa Siwa : Max Trist yang katanya ingin copy foto. Gayung bersambut, ketika kutawari ikut mbolang ke arca Nandi Mustika Jati.
Gang Masuk Menuju Arca Nandi Mustika jati bawen

      



     Melalui jalan di Pasar Sapi, perempatan lurus terus... perempatan kedua ambil kanan menuju Masjid Al Istijjab Perum Mustika Jati.
Masjid Al Istijjab Mustika jati bawen

    








    Di sebelah masjid Al Istijjab, (dimana saya mengambil gambar) ada jalan menuju kebun bambu... susuri jalan setapak tersebut, di jalan akan sobat jumpai 1 watu yang menurut kami adalah watu candi :




     Di rumpun bambu inilah Arca Nandi Berada....
       Perhatikan arah panah putih.... membentuk segitiga, seperti sorotan cahaya dimana Nandi itu berada. Lalu Kami mendekat, dan nampaklah :
Nandi Mustika Jati Bawen
Nandi Mustikajati : tanpa kepala arca

   Nandi atau Nandiswara adalah lembu yang menjadi Wahana Dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Dia juga merupakan juru kunci Siwa dan Parvati. Kondisi Arca Nandi sudah tanpa kepala, ada kemungkinan perusakan untuk mengaburkan fungsi utama nandi saat ada "pihak" yang lebih berpengaruh datang, dan menginginkan penghapusan ingatan masa lalu.
Arca Nandi Mustikajati dari belakang

     

     Banyak warga sekitar yang tak mengetahui keberadaan Nandi ini....
Selain tempatnya tertutupi banbu, juga pagar tembok setinggi 3 m menutupii di sisi yang satunya. Sunggguh "Eman-eman", anak cucu kita akan terlewatkan ta tahu hasil budaya leluhur kita. 



     Keberadaan Pasar Hewan, masyarakat lebih menngenal dengan Pasar Sapi di dekat situs ini, saya kurang mengetahui apakah hanya kebetulan saja atau memang masyarakat dahulu sudah tahu dan menandai daerah Mustika Jati ada patung lembu / sapi... (mohon koreksi bila kurang tepat...)


update informasi (3/7'15):
    Keberadaan Pasar hewan di Ngrawan Lor ini sekitar tahun 80an... pindahan dari sekitar Pasar Lanang Ambarawa. Jadi Penamaan Pasar Sapi dan keberadaan Arca Nandi ini hanya kebetulan saja. (Sumber wawancara dari Pamong Budaya)

      Sebelum Berlanjut penelusuran Yoni Ngrawan Lor kami berfoto dulu, Saya - koh Singo dan Max Trist . Tanpa sadar kami memakai warna Biru semua..... 

     Bersambung ke Penelusuran Jejak Candi di Ngrawan Lor a.ka. Mustika Jati Bawen

Save Sthis, Not Only a Stone.


Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...


Mari Kunjungi dan Lestarikan.... Salam Pecinta Situs.



Gabung yuk di Grup FB Pecinta Situs DEWA SIWA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar