Minggu, 31 Mei 2015

Arca Nandi Mlilir Bandungan

Arca Nandi Mlilir Bandungan
   29 Mei 2015
    Mbolang kali ini sebenarnya atas ide Mas Eduardus Egga, Beliau membuat postingan Di grup Dewa Siwa tentang informasi Keberadaan Arca Nandi Di Mlilir Bandungan. Langsung ku tanggapi dan buat janji untuk Jumat ini menuju TKP. Namun karena tak ada kabar dan berita akhirnya saya kesana sendiri....
    Menuju Lokasi sebenarnya sangat mudah, ada dua Alternatif... Bila sobat penyuka situs, saya sarankan lewat Jalur Doplang... Bisa Mampir terlebih dulu di Yoni Situs Gayamsari dan Pentirtaan Situs Sendang Se Klotok , Keduanya di Desa Doplang Bawen. Dari Kedua Situs tersebut, ambil jalan menuju Karangtalun Mlilir.
Gang Menuju Arca Nandi Mlilir Bandungan
      Jalur Yang kedua, Keberadaan Mlilir yang berada di Kecamatan Bandungan sangat memudahkan dalam pencarian situs ini, dari Semarang ke Arah bandungan... 

      Setelah Melewati Hotel Kediri, sekitar 200m kemudian kita akan melalui Tanjakan, 
     Di Tanjakan tersebut ada perempatan. Ambil Kiri... Ikuti jalan masut itu, kira-kira 200m, di sebelah kanan jalan tepatnya di halaman Rumah Bapak Hartanto Kadus Dusun Karangtalun, Desa Mlillir Kecamatan Bandungan Arca Nandi Berada.
       Nandi, Lembu atau sapi.... adalah wahana Dewa Siwa dalam mitologi Hindu.
    Sempat kebingungan minta ijin ambil gambar, karena Rumah Bapak Hartanto tidak ada orang... Setelah beberapa saat, beruntungnya saya karena biasanya jam segini (13.30), beliau belum pulang dari kerja. Namun hari itu karena ada keperluan pulang sebentar, lalu bertemulah saya dengan beliau.... 
         Sejarah keberadaan Arca Nandi (Sumber ngobrol dengan Bapak Hartanto). "Arca ini dulunya berada di Batas dusun antara karangtalun dan Dusun Jurangbelik. Kemudian oleh warga, dipindahkan ke tanak kebun Bapak mertua saya yang dulu kebetulan Kadus di Karangtalun ini" kata Bapak Hartanto.
      Alasan Keamanan dan pelestarian,adalah alasan warga saat itu untuk memindahkan arca ini dari lokasi aslinya yang berjarak kurang dari 100m. Selain berada di cekungan juga pengawasan yang kurang dilokasi awal sehingga dipindahlah. Menurut cerita warga, saat saya makan di Warung  Mie Ayam perempatan masuk tadi, "Dulu sempat ada yang mau beli arca itu sebelum dipindah, namun setelah dibayar pada saat akan di angkat ke mobil, ternyata mobil itu tidak kuat berjalan.... akhirnya pembeli itu mengurungkan niatnya", urai warga itu.
Yoni Mlilir Bandungan
Yoni Mlilir Bandungan
        Kondisi yoni terawat, Arca Nandi yang biasanya tanpa kepala : yaitu di Situs Ngrapah Banyubiru dan Situs Wonorejo Pringapus, Nandi Di Karangtalun Desa Mlilir ini masih utuh, walau sedikit ada pelapukan oleh alam. Yang jadi keprihatinan saya, ada retakan dibagian belakang Nandi. Konon menurut Bapak Hartanto, "Setelah Diambil pusaka berupa batu akik nya, baru terjadi retak itu. Bagian ekor yang dulu nampak jelas juga diambil orang yang tak bertanggungjawab. Kejadian itu dulu sebelum saya buat rumah di pekarangan ini", urai Beliau.

      Beberapa Close Up  Arca Nandi Mlilir Bandungan :























Arca Nandi Mlilir Bandungan

     Bersama Bapak Hartanto, Pemilik Rumah sekaligus Kadus Dusun karangtalun Desa Mlilir Kecamatan Bandungan : 
Saya dan Bapak Kadus Karangtalun Mlilir Bandungan
   "Semoga ada perhatian dari pihak terkait, supaya ta semakin lapuk arca itu mas.." harap bapak Hartanto....

Save This Not Only A Stone...
#ssdrmk : saya di Arca Nandi Mlilir Bandungan

Salam Pecinta Situs...
Sampai ketemu di kisah Mbolang Situs selanjutnya...
Mari Kunjungi dan Lestarikan....


Gabung yuk di Grup FB Pecinta  Situs DEWA SIWA   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar