Senin, 23 Februari 2015

Yoni Situs Karangmanggis Boja

Yoni Situs Karangmanggis
      22 Februari 2015
     Masih kelanjutan info dari rekan komunitas... Minggu saya lanjutkan untuk Mbolang. Kebetulan tiap minggu saya ada kerjaan di daerah boja, jadi ya pas lah.
tugu  pertigaan desa Tampingan
      Rute menuju Yoni Situs Karangmanggis : dari arah Semarang.. Setelah terminal cangkiran, cari pertigaan yang ada tugu desa Tampingan : 
  Ambil kiri / arah ke wisata Pemandian  air panas Gonoharjo. Kira-kira 1,5km ada papan petunjuk perusahaan air minum Quatra : 
     Ambil sesuai petunjuk... ikuti jalan kampung (beton) itu, tidak sampai 100m kemudian sampailah : 
Yoni Situs Karangmanggis Boja Kab. Kendal
Ibu Katirah
      Yoni Situs Karangmanggis berada di Halaman seorang warga, kebetulan ketika saya mbolang kesini si pemilik rumah keluar dan malah bercerita perihal Yoni kepada saya. Ibu Katirah nama beliau, "Warga sini menyebut batu itu 'selo lumpang mas, dulu ditemukan saat saya membangun rumah ini, pas buat pondasi, tukangnya mencangkul batu yang keras, dan berbentuk kotak.. kemudian diangkat..... ".      "Sebenarnya dulu saya beri atap, tapi karena tertimpa kayu jadi roboh, dulu kondisi batu itu sangat bagus tidak berlumut.... ", tambahnya. Yoni memang berada di dalam sebuah bangunan yang tak beratap. Dari pengamatan saya, yoni ini belum ada tulisan telah terinventarisir. Saat saya tanyakan pada Ibu Katirah, benarlah dugaan saya.... beliau membangun sendiri (saat itu) tanpa bantuan pihak terkait.

Yoni Dari dekat :



Cerat Yoni : 
   
Cerat Yoni Karangmangggis
    Cerat berfungsi untuk mengalirkan air suci (keluar) yang disiramkan diatas lingga. Namun keberadaan Lingga masih misterius.
      Ibu Katirah juga bercerita, : "Dulu sempat ada orang yang ijin semedi di sini mas, kemudian esoknya bilang, suatu saat pasangan Yoni ini akan muncul",  mungkin lingga (pikirku). Semoga.
       Apapun itu... respect buat Ibu Katirah yang tidak secuil pun punya angan2 untuk lego ke kolektor.... malah mimpinya ketika ada rejeki lebih ingin bangun lagi peneduh buat yoni ini. Sungguh ini perlu perhatian..... Ayolah semua pihak yang merasa..... kita lestarikan!


    Save This... Not Only A Stone
Salam Pecinta candi

nb : 
1. Terimakasih kepada pemilik blog : sutrisnasmg.blogspot.com... alon2 mengko iso kabeh mas infonya
2. Rekan mahasiswa yang saya tak berani menyebut namanya, dan rela menunjukkan jalan. Maturnuwun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar