Senin, 21 Juli 2014

Situs Wonorejo Pringapus

Situs Wonorejo : Yoni dan Nandi
20 Juni 2014, 
     Info seorang rekan komunitas Penyuka candi, bahwa di Pringapus itu banyak bertebaran situs, membuatku tak menunggu lama untuk membuktikan. Ku hubungi saja rekan kerja yang kebetulan berdomisili di Pringapus. thx to tarom, Situs ini berada di Desa Wonorejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang.  
     Dan ternyata dekat dengan rumahnya.........
     Mestinya tak kan ada yang menduga, situs wonorejo ini letaknya di pinggir jalan, namun karena begitu masif pencurian situs, mohon maaf saya ta secara lengkap memberitahukan posisinya, namun bila sobat tertarik boleh saja aku menjadi penunjuk jalan, namun syaratnya hanya bagi yang suka batuan candi saja.
Tetenger keberadaan Situs.... tikungan, batu besar dan Rumah kosong
Batu besar & rumah kosong
        "Jangan Meludah dan Buang Air di situ ya nak..." pesan seorang nenek, yang rumahnya tepat disamping situs ini berada. Berpesan seperti itu sambil mimik yang serius, ketika berpapasan dengan ku. 
Setelah kujelaskan keperluanku, tanpa diminta nenek itu membagi sedikit cerita kepadaku. MISTIS. 
      Keseriusan pesan nenek itu, ditekankan lagi oleh beliau saat menceritakan mengenai ARCA Nandi. " Kepala Arca nandi ada di desa Sebelah. (Desa Mranak) dulu sempat ada usaha untuk membawa tubuh arca kesana namun tubuhnya kembali lagi. dan desa dimana arca itu berada banyak ternak sapi warga yang sapi-sapinya itu GALAK!
       Dan yang berkunjung kesitus, diharapkan hati-hati, menjaga sikap dan perbuatan. "Gawat keliwat-liwat mas 'memedi'nya. kalau idu (meludah) pipis (buang air kecil ataupun berkata jorok ada saja gangguan. Karena Makluk halus penjaga situs ta terima.
     di pinggir jalan sering terjadi kecelakaan yang meminta korban, rata2 korban yang selamat bercerita jika ia menghindari orang nyebrang/ ada sesosok makluk ganjil di pinggir jalan. (seperti yang diceritakan nenek itu padaku...) Jujur aja..... rodo keder. Ambil kamera sampai bergetar tanganku.... Sambil tertawa, namun tak lupa berdoa dan uluk salam. Niatku hanya suka candi dan tak bermaksud mengganggu. sambil minta ijin ambil gambar. Lalu lah mulai :

Arca nandi tanpa Kepala:
Nandi atau Nandiswara adalah lembu yang menjadi kendaraan dari dewa Siwa dalam mitologi Hindu. Candi yang mempunyai arca Nandi biasanya dikategorikan sebagai candi untuk pemujaan agama Hindu Siwa. 


Yoni yang Sederhana :
Yoni (Sanskerta: योिन; yoni) adalah kata yang mempunyai arti bagian/tempat (kandungan) untuk melahirkan. Kata ini mempunyai banyak arti, di antaranya adalah sumber, asal, sarang, rumah, tempat duduk, kandang, tempat istirahat, tempat penampungan air, dan lain-lain. Dalam buku Kama Sutra dan dalam kaitannya dengan batu candi, yoni berarti pasangan lingga yang merupakan simbol dari alat kelamin wanita. Di beberapa daerah di Indonesia yoni disebut juga lesung batu, Watu Lumpang, Kenteng.



 Tak Sabar Melanjutkan Blusukan mencari kepala Arca nandi ini.... 
to be continue...

SALAm Batuan Candi....
Save This, 
Not Only a STONE!!!

Di dekat Situs Wonorejo

6 komentar:

  1. coba cari arca emas di desa Penawangan, mas.
    penawangan itu desa setelah dusun mranak-desa wonorejo.
    konon hanya orang2 "istimewa" yg bisa lihat arca emas itu.

    BalasHapus
  2. salam kenal mas dari saya max trist cavalera semarang,saya suka dengan blog jenengan keren dan mantab....semoga bermanfaat,

    BalasHapus
  3. saya penyuka blusukan situs dan candi,,saya tertarik mengunjungi situs ini..mohon bantuan infonya bila berkenan,terimakasih

    BalasHapus
  4. Lintang : Info Menarik.... (berkenan jadi guide? hehehehe) please add fi fb https://www.facebook.com/sasadara.m.kawuryan / .... coba besok saya agendakan sekalian mBolang ke Candirejo
    Max Trist Cavalera : Siap mas.... (besok aja sekalian kita Mbolang ke Candirejo (ada info reruntuhan bangunan candi di tengah alas jati)

    BalasHapus
  5. Bolehkah saya ikut belajar, maaf awan

    BalasHapus